detikHot

music

Rekaman Lagu di Era New Normal, Apa yang Beda?

Minggu, 28 Jun 2020 18:31 WIB Febriyantino Nur Pratama - detikHot
studio rekaman Foto: (Sawmills)
Jakarta -

Meski tidak terdampak langsung sebagaimana halnya industri pertunjukan, namun adanya pandemi COVID-19 membawa perubahan pada industri rekaman dan cara musisi menggarap lagu. Selama studio rekaman di era pandemi, sejumlah musisi tetap merekam materi musik mereka dari rumah masing-masing.

Dul Jaelani menjadi salah satu musisi yang melakukan rekaman di era normal baru. Dirinya memang tengah menggarap proyek musik bersama Giring Ganesha yang sebelumnya dikenal sebagai vokalis Nidji. Bersama Giring, Dul menggarap lagu berjudul Burung Gereja. Ia pun mengaku melakukan rekaman dengan mengikuti sejumlah protokol kesehatan yang berlaku.

"Ya kami rekaman, rekaman biasa. Kami masuk rumah pakai hand sanitizer, terus cuci tangan, terus pokoknya social distancing," jelas dia saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta selatan, baru-baru ini.

Menurut Dul Jaelani, kondisi pandemi bukan halangan untuk terus mengeluarkan karya asalkan waspada dan patuh terhadap aturan serta protokol kesehatan yang berlaku. Dirinya pun mengaku tidak takut meski harus tetap bekerja di tengah adanya virus Corona.

"Aku rasa apapun kondisinya haram bagi ku untuk berhenti berkarya. Takut sih nggak cuma waspada iya, waspada kayak selalu bawa masker, bawa hand sanitizer kemana-mana, ya jaga jarak, waspada saja," terang Dul.

Gaya Baru dul Jaelani, Kalian Pilih yang Mana Guys?Dul Jaelani Foto: Dok. Instagram/duljaelani

Walau mengaku tidak terpengaruh oleh adanya pandemi Corona, Dul Jaelani tidak bisa memungkiri adanya perbedaan yang dirasakan ketika menjalani sesi rekaman di masa sebelum datangnya pandemi dan saat ini.

Dia mengungkapkan lebih menikmati proses rekaman sebelum adanya pandemi. Kini jumlah orang yang terlibat dalam sebuah sesi rekaman harus dibatasi agar tidak ada kerumunan di studio. Namun ia pun menyadari bahwa kini ada sejumlah penyesuaian yang harus dilakukan demi kebaikan bersama.

"Bedanya paling kalau rekaman kan kami ramai-ramai (dulu), (sekarang) jaga jarak. (Dulu) ngumpul buat bareng-bareng, brainstorming sama banyak orang, nggak perlu hand sanitizer, nggak perlu jaga jarak, jadi moodnya bisa cepat ketahuan tuh," ujar Dul.

"Sekarang kan nggak bisa, harus social distancing, paling ya kesulitannya itu, kami nggak bisa rekaman kayak biasanya yang lebih enak kayak biasanya," sambung putra dari Ahmad Dhani itu.




Simak Video "Dul Jaelani Sebut Amanda Caesa Tipe Wanita Idamannya"
[Gambas:Video 20detik]
(fbr/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com