Lagu Bunda Iringi Kebaktian Pelepasan Ibunda Once Mekel

Asep Syaifullah - detikHot
Minggu, 28 Jun 2020 12:16 WIB
Once Mekel di Main Stage detikHOT
Once Mekel Foto: Asep Syaifullah
Jakarta -

Ibunda Once Mekel, Josephine Mekel Combey, meninggal dunia pada hari Jumat (26/6) di usia 80 tahun. Pemakaman beliau dilangsungkan pada Minggu (28/6) di San Diego Hills, Kerawang, Jawa Barat.

Sebelum pemakaman, pihak keluarga menggelar acara pelepasan jenazah di rumah duka Kharisma di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Dimulai sejak pukul 10.30 WIB, acara tersebut dilangsungkan dengan protokol kesehatan, para tamu lebih dahulu dicek suhu tubuhnya sebelum masuk dan diberi nomor bangku yang telah diberi jarak untuk masing-masing nomornya.

Kerabat hingga pihak keluarga pun memberikan kesaksian tentang beliau di masa hidupnya. Wanita yang lahir di Blitar pada 3 Juni 1940 itu dikenang sebagai sosok yang sangat baik dan kerap membantu.

"Saya selalu ingat beliau itu sempat membantu saya dan istri," ujar salah satu kerabat.

Selain itu juga sempat diputar sebuah cuplikan cucunya kala membawakan lagu Bunda milik Melly Goeslaw. Sesaat sebelum video tersebut diputar, Once yang tampak mengenakan kemeja putih dan celana hitam serta masker tersebut memilih untuk keluar dari ruangan dan baru kembali setelah video tersebut usai.

Selama acara Once lebih sering menundukkan kepala, matanya terlihat kosong dan tak pernah melepas pandangan pada peti yang berisikan jenazah sang bunda.

Sebelumnya, Once mengaku jika sang bunda bagaikan bintang dan sumber energi bagi keluarga.

"Hidupnya menjadi bintang buat keluarga kami," ujarnya saat ditemui pada Jumat (26/6) lalu.

Sebelum meninggal dunia, Joshepine Mekel Combey sempat mengidap penyakit diabetes. Ia pun sempat memiliki bisul pada bagian pahanya. Kondisinya pun melemah hingga dilarikan ke rumah sakit.

"Luka itu menjadi sulit sembuh, jadi infeksi karena ada gula darah yang tinggi. Begitu juga sebaliknya, gula darah tinggi karena ada lukanya, jadi kayak ada bakteri," pungkas Once.



Simak Video "Ibu Once Mekel Dimakamkan Satu Liang Lahat dengan Kerangka Suaminya"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/dar)