detikHot

music

Kotak Lawan Hoaks dengan Hoax

Jumat, 26 Jun 2020 21:22 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Kotak merilis lagu baru berjudul Hoax. Foto: dok. Kotak
Jakarta -

Grup band Kotak merilis lagu berjudul Hoax. Menurut mereka, lagu itu lahir dari kegelisahan mereka melihat berita bohong yang mudah sekali tersebar melalui internet di era digital saat ini.

Lewat lagu Hoax, Kotak mencoba mengingatkan para pendengarnya untuk tidak mudah percaya pada informasi yang belum dapat dibuktikan kebenarannya.

Kotak menulis lagu tersebut dua tahun lalu. Akan tetapi hingga kini, mereka menganggap lagu tersebut masih relevan hingga saat ini.

"Kalau memang ngomongin lagu ini sudah kami buat dua tahun lalu, memang alasan kenapa kami bikin Hoax ini memang (karena) gerah, kami sendiri gampang banget nyebarinnya lewat WA yang belum dicek," terang Tantri dalam konferensi pers, Jumat (26/6/2020).

"Kayaknya kami harus buat sesuatu untuk ngingetin, kami jangan jadi nyebarin hoaks, sebisa mungkin kita harus cek lagi," sambung Tantri.



Selain mengeluarkan lagu Hoax, band beranggotakan Tantri, Chua, dan Cella itu sekaligus merilis video klipnya. Karena dibuat di tengah masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), video klip Hoax dibuat secara jarak jauh.

Menurut Chua, konsep dari video klip lagu tersebut terinspirasi dari tantangan Pass the Brush Challenge yang ramai diunggah di internet beberapa waktu lalu.

"Lagi pandemi gini kami kan nggak mungkin bikin video klip yang kayak biasanya. Sekarang aku melihatnya kan musimnya push the brush challenge, jadi ini pure pengambilan gambar yang ada di video itu dari jarak jauh," jelas Chua.



Chua mengungkapkan video yang dibuat diharapkan dapat mendokumentasikan apa yang terjadi di masa pandemi. "Biar berasa aura-aura COVID-nya, kami ingin ini jadi kenangan, jadi ini video klip pas zaman pandemi COVID loh. Kami juga minta tolong beberapa teman, sahabat," ujar dia.

Hoaks akan menjadi lagu yang tertuang dalam album baru Kotak. Album itu akan berjudul Identitas dan rencananya dirilis pada September 2020.

"Kenapa nama album namanya Identitas? Karena ini benar-benar identitas Kotak banget, karena semua konsep dan ide benar-benar Kotak yang bikin," ungkap Chua.




Simak Video "Kepergok Curi Kotak Amal, Remaja di Polman Diamankan Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/mau)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com