Ragam Cara Musisi Rayakan Juneneeth

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 19 Jun 2020 15:10 WIB
LOS ANGELES, CA - OCTOBER 27:  Anderson .Paak performs at Anderson .Paak and Free Nationals Band Live Performance Presented By The Virtual Reality Company at Mack Sennett Studios on October 27, 2015 in Los Angeles, California.  (Photo by Vivien Killilea/Getty Images for FYI Brand Communications)
Anderson .Paak. Foto: Vivien Killilea/Getty Images for FYI Brand Communications
Jakarta -

Sejumlah musisi merayakan juneteenth yang tiap tahunnya jatuh pada 19 Juni 2020. Mereka sekaligus mengampanyekan anti rasialisme dalam perayaan juneteenth tahun ini.

Salah satu musisi yang merilis lagunya bertepatan dengan juneteenth adalah Anderson .Paak. Ia mengeluarkan lagu berjudul Lockdown.

Di akun Instagram-nya, Anderson .Paak mengunggah foto yang menunjukan keberpihakan. Dalam foto itu, ia tampak berdiri sambil memegang papan bertuliskan, "Orang-orang mulai bangkit (The people are rising)."

Pada sisi foto tersebut, ia memajang nama-nama sejumlah kaum Kulit Hitam yang terbunuh mulai dari Christopher Whitfield, George Floyd, Rayshard Brooks, Breonna Taylor, hingga Ahmaud Arbery, dan lain-lain.

[Gambas:Instagram]





Bersamaan dengan rilisnya lagu tersebut, Anderson .Paak sekaligus mengeluarkan video klip dalam lagu itu.



Dalam video klip Lockdown, terlihat dukungan Anderson .Paak terhadap gerakan Black Lives Matter. Ia juga sekaligus membubuhkan nama-nama kaum Kulit Hitam yang meninggal dunia di akhir video klipnya.

[Gambas:Youtube]





Gerakan Black Lives Matter kembali menggema menyusul penembakan George Floyd, Tony McDade, Sean Reed, Breonna Taylor, Ahmaud Arbery yang dianggap sebagai bentuk rasisme dan seksisme.

Tidak hanya Anderson .Paak, Alicia Keys dan John Legend juga merayakan juneteenth dengan berduel memainkan piano.

Duel tersebut dapat ditonton di Vertuz TV pada pukul 20.00 waktu setempat. Namun berbeda dengan pertandingan musik lainnya, tidak ada pemenang dalam acara tersebut.

[Gambas:Instagram]





John Legend dan Alicia Keys hanya akan mempertontonkan kebolehan mereka dalam bermain piano pada penonton layaknya pertandingan (battle) musik.

Baik John Legend maupun Alicia Keys, keduanya memang musisi yang identik dengan instrumen piano.

Juneteenth merupakan perayaan yang pertama kali dirayakan pada 1865 sebagai hari pembebasan ras Afrika-Amerika dari perbudakan.



Simak Video "Grammy Awards Dibuka Doa untuk Kobe Bryant"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)