Keluarkan Personel, Tashoora Meminta Maaf pada Komunitas LGBTQ

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 10 Jun 2020 10:17 WIB
Tashoora
Foto: Antonius Dian/ dok. Tashoora
Jakarta -

Ikhwan Hastanto keluar dari grup musik Tashoora. Keputusan itu diambil menyusul kontroversi dari tulisan milik pria yang akrab disapa Awan itu di sebuah media.

Tulisan tersebut mendapatkan protes dari banyak pihak, terutama komunitas LGBTQ karena menggunakan frasa yang dianggap menyinggung.

Sebagai band yang menaungi Awan, Tashoora pun meminta maaf lewat sebuah unggahan di akun Instagram-nya. Mereka juga sekaligus mengumumkan keluarnya Awan dari band asal Yogyakarta itu.

"Mempertimbangkan sekitar kami terkait tulisan Awan, kami meminta maaf dengan dalam kepada yang merasa tersakiti," tulis mereka.

Mereka menambahkan, "Sebanyak kami percaya pada kebebasan berekspresi, ada prinsip yang tidak dapat kami tawar."

"Terhitung sejak hari ini (ditulis 9 Juni 2020 malam), @ikhwanhastanto tidak lagi bergabung dengan band kami. Kami percaya ini adalah tindakan yang harus kami ambil untuk menghargai nilai-nilai yang kami anut, untuk melanjutkan keberpihakan kami pada komunitas LGBTQ," sambung mereka.

[Gambas:Instagram]





detikHOT mencoba menghubungi pihak manajemen dari Tashoora akan tetapi band menyebutkan keterangan mereka terbatas dari apa yang mereka utarakan di Instagram dan mengizinkan keterangan itu untuk dikutip.

Ikhwan Hastanto terbilang baru bergabung dengan band tersebut. Pada Maret 2020 lalu, Tashoora baru saja merilis 'Sintas' yang menandai secara resmi bergabungnya Awan dalam grup itu.



"'Sintas' adalah lagu pertama yang dirilis Tashoora pada 2020 sekaligus jadi penanda atas bergabungnya Ikhwan Hastanto di grup musik ini. Awan, panggilan akrabnya, resmi melengkapi Tashoora yang sudah tujuh kali berganti formasi," tulis keterangan pers yang diterima detikHOT saat itu.

Ini bukan kali pertama Tashoora berganti personel. Sebelumnya, mereka juga telah ditinggalkan Andru Abdullah, Gilang Rizki dan Afriza Animawan.

Dengan dikeluarkannya Awan, Tashoora kini tinggal beranggotakan Danang Joedodarmo, Dita Permatas, Gusti Arirang.



Simak Video "Kesan dan Pesan Raffi Ahmad Jalani Vaksinasi COVID-19 Tahap II"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/imk)