detikHot

music

Lady Gaga Titip Harapan Hilangnya Rasisme dalam Wisuda Virtual

Senin, 08 Jun 2020 17:25 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
HOLLYWOOD, CALIFORNIA - FEBRUARY 24: Lady Gaga attends the 91st Annual Academy Awards at Hollywood and Highland on February 24, 2019 in Hollywood, California. (Photo by Frazer Harrison/Getty Images) Foto: Frazer Harrison/Getty Images
Jakarta -

Bagi Lady Gaga, mereka yang lulus tahun ini adalah harapan baru. Sebab mereka yang lulus akan menjadi generasi penerus.

Dalam pidatonya di acara 'Dear Class of 2020', pelantun 'Poker Face' mengatakan dirinya menitipkan harapannya pada para generasi penerus itu.

Ia mengatakan, tugas mereka selanjutnya adalah membuat perubahan bagi dunia dan menjadikan dunia sebagai tempat yang ramah bagi warna kulit apapun.

Pada pidatonya itu, Lady Gaga juga mengatakan, dirinya sempat mengganti isi pidato yang telah ia rekam pasca gerakan Black Lives Matter menggema.

"Dua minggu yang lalu aku menulis pidato yang berbeda untuk merayakan pencapaian besar dari kelulusan kalian," bukanya.

"Pidatoku waktu itu menggambarkan pengalaman yang sama-sama kita rasakan di masa pandemi global COVID 19 yang membuat kekecauan pada dunia dan betapa pentingnya kekuatan dari kebaikan bagi dunia," ujarnya.

Akan tetapi setelah meninggalnya George Floyd karena dianiaya oknum polisi dan diikuti oleh protes mengenai tindakan brutal dan rasis itu, Lady Gaga mengganti isi pidatonya.

Sebab menurutnya ada hal yang lebih penting yang harus ia sampaikan. "Kalian semua melihat momen yang sangat penting bagi evolusi negara, kalian melihat masyarakat berubah dalam hal yang penting," ungkapnya.

Lady Gaga meyakini perubahan itu pasti terjadi meskipun membutuhkan waktu yang lama dan kesabaran. Ia kemudian mengibaratkan para wisudawan adalah benih yang siap ditanam.

Dirinya lalu mengibaratkan Amerika Serikat sebagai hutan. Wajah Amerika yang kental akan rasisme adalah hutan yang hendak ditebang dan ditanami oleh pemahaman baru.

"Kalian bisa untuk melakukan pekerjaan yang berat, kalian bisa menebang dan menanam kembali hutan itu dengan visi yang kalian miliki," tegasnya.

[Gambas:Youtube]







Simak Video "'Sour Candy' Milik Lady Gaga dan BLACKPINK Pecahkan Rekor"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com