Festival EDM Terbesar di Dunia Geser ke Virtual

Dicky Ardian - detikHot
Senin, 08 Jun 2020 16:27 WIB
Ilustrasi festival musik
Foto: Getty Images
Jakarta -

Festival musik adalah salah satu yang mungkin belum akan mendapatkan izin untuk digelar saat pandemi Corona. Oleh karena itu, sederet acara bergeser menjadi digital.

Salah satu festival yang terpaksa mengubah konsepnya adalah Tomorroland. Festival electronic dance music (EDM) terbesar di dunia itu akan digelar secara virtual.

Dilansir AFP, hal itu dilakukan karena pemerintah Belgia belum mengizinkan digelarnya festival musik hingga akhir Agustus 2020.

Jika digelar dengan konsep biasa, Tomorrowland biasanya mampu mendatangkan lebih dari 400 ribu penonton. Dengan orang sebanyak itu, tentu akan sulit menerapkan social distancing.

Gelaran secara digital tentu akan berbeda rasanya bagi penonton. Namun pihak penyelenggara akan menyuguhkan hal menarik, seperti tersedianya delapan panggung yang bisa dipilih melalui gawai penontonnya. Ada juga teknologi tiga dimensi yang akan menjadi daya tarik.

Dengan cara tersebut, Michiel Beers, salah satu penggagas Tomorrowland Festival, berharap penonton bisa merasakan rasa yang sama seperti saat menyaksikan acara secara langsung.

"Terutama pada akhir pekan, di mana biasanya Tomorrowland di Belgia berlangsung. Kami benar-benar memiliki kekuatan untuk menyatukan dunia," kata Beers.



Simak Video "Pandemi Belum Usai, Festival EDM Tomorrowland Beralih ke Virtual"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/nu2)