detikHot

music

Mal di Jakarta Buka 15 Juni, Karaoke dan Konser Musik Bagaimana?

Kamis, 04 Jun 2020 16:15 WIB Tim detikcom - detikHot
Singer at microphone. Woman singing and holding mic. Female vocal talent. Music show recital. Foto: iStock
Jakarta -

Mal dan pusat perbelanjaan di Jakarta boleh dibuka dengan protokol khusus pada 15 Juni 2020. Karaoke dan konser musik boleh dibuka juga?

Saat ini, Pemprov DKI Jakarta memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dengan masa transisi hingga akhir Juni. Selama bulan ini, sejumlah sektor dibuka bertahap.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memaparkan jadwal pembukaan transisi fase I. Dalam jadwal itu, mal dan pusat perbelanjaan boleh buka mulai 15 Juni 2020 dengan syarat jumlah pengunjung maksimal 50% dari kapasitas.

Dari daftar itu, tidak ada karaoke dan penyelenggaraan acara musik lainnya. Khusus untuk karaoke baru akan dibuka pada fase II.

"Ini adalah fase II yang nanti bisa terjadi tapi waktunya belum tahu kapan," kata Anies dalam jumpa pers di Balai Kota DKI, Kamis (4/6/2020).

Anies menegaskan masa transisi ini akan dievaluasi pada akhir Juni 2020. Anies menyebut bila dalam masa transisi membuat angka penularan Corona menjadi meningkat, Gugus Tugas akan menghentikan semua kebijakan pelonggaran itu. Segala aktivitas yang dilonggarkan akan kembali ditutup.

"Tapi bila di tengah jalan ada masalah, ini yang warna merah ini penanda bahwa gugus tugas bisa menghentikan masa transisi, kalau menghentikan artinya apa? semua ini kembali tutup. Perkantoran tutup, pertokoan tutup, rumah ibadah tutup, kegiatan-kegiatan yang dilonggarkan tutup bila di tengah jalan kita menemukan angka yang mengkhawatirkan," katanya.

Sebagai musisi, Armand Maulana menyebut dirinya masih terus menunggu aturan dari pemerintah. Meski mengaku rindu naik panggung, tapi dirinya akan tetap menghormati keputusan pemerintah demi kesehatan banyak orang.

"Kalau stand up comedy mungkin kan bisa duduk, cuma kalau musik kan berdiri berkumpul gitu," ungkapnya di d'Rooftalk detikcom, Rabu (3/6/2020).

Di beberapa negara, konser musik sudah mulai digelar. Beberapa konsep mereka usung demi bisa menyaksikan konser secara live, mulai dari menyaksikan dari dalam mobil hingga pengaturan jarak yang benar-benar ketat.




Simak Video "Anies: Tahun Ajaran Baru Belum tentu KBM di Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com