Ambisi Dave Grohl untuk Foo Fighters: Harus Lebih Baik dari Metallica!

Dicky Ardian - detikHot
Senin, 01 Jun 2020 07:47 WIB
BRISBANE, AUSTRALIA - FEBRUARY 24:  Dave Grohl of the Foo Fighters performs at Suncorp Stadium on February 24, 2015 in Brisbane, Australia.  (Photo by Chris Hyde/Getty Images)
Dave Grohl. Foto: Kevork Djansezian/Getty Images
Jakarta -

Setelah tak lagi bersama Nirvana, tidak mudah bagi Dave Grohl bisa merangkul kesuksesan bareng Foo Fighters. Di dalamnya ada kerja keras yang harus dijalani bersama.

Namun ia membagikan sebuah kunci yang saat itu justru disampaikan oleh manajernya, John Silva. Meski Foo Fighters sudah ada sejak 1994, tapi momen itu justru terjadi pada 2006, saat mereka ikut konser amal Live Earth di Wembley Stadium, Inggris.

"Waktu itu ada Madonna, The Beastie Boys, Genesis, Metallica dan The Pussycat Dolls, ada banyak juga yang lainnya. Aku berpikir kami ada di prioritas terbawah," ungkap Dave Grohl kepada Entertainment Weekly.

Meski sudah bertahun-tahun ngeband bersama Nirvana, tapi Foo Fighters adalah band baru. Dave Grohl sadar akan hal itu.



Ia melanjutkan, dirinya tidak berekspektasi tinggi untuk penampilan bandnya saat itu.

"Aku sangat takut," akunya.

Tak lama kemudian, sebelum tampil di atas panggung, John Silva datang dan memberikan sebuah petuah untuk Dave Grohl.

"Dia bilang, 'Aku hanya ingin kamu melakukan satu hal untukku. Aku ingin kamu tampil lebih baik dari Metallica'," kata Dave Grohl menirukan ucapan manajernya.

"Aku jawab, 'Itu tidak akan pernah terjadi'."

Di atas panggung, Foo Fighters hanya punya waktu 20 menit. Durasi itu tentu tidak lama untuk penampilan sebuah band.

Namun Dave Grohl mengungkapkan dirinya mencoba memberikan penampilan terbaik, layaknya Queen di Live Aid yang begitu ikonik.

Yang membuatnya semakin percaya diri adalah spotlight yang begitu terasa saat itu untuk Dave Grohl. Kebetulan, Foo Fighters naik panggung saat malam hari, ketika matahari mulai terbenam dan lampu sorot mengarah kepadanya.



"Dan di tengah set, aku bercanda dan mengumumkan kepada penonton bahwa kami akan kembali bermain konser di Wembley selama beberapa malam lagi. Aku hanya bercanda! Karena pada saat itu, kami bahkan belum pernah menjadi headliner konser (sekelas) stadium".

Ucapan tersebut ternyata menjadi rencana yang akhirnya terwujud. Setahun kemudian Foo Fighthers kembali mendapat kesempatan manggung di Wembley, kali ini menjadi headliner.



Simak Video "Bawakan Lagu Metallica, Anak-anak SD Ini Keren Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/doc)