Janelle Monae Alami Gangguan Kecemasan Saat Rekam 'Dirty Computer'

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 26 Mei 2020 09:59 WIB
HOLLYWOOD, CALIFORNIA - FEBRUARY 09: Janelle Monáe performs onstage during the 92nd Annual Academy Awards at Dolby Theatre on February 09, 2020 in Hollywood, California. (Photo by Kevin Winter/Getty Images)
Janelle Monae. Foto: Kevin Winter/Getty Images
Jakarta -

Penyanyi dan aktris Janelle Monae membuka diri bahwa ia pernah mengidap gangguan kecemasan saat merekam album 'Dirty Computer' yang rilis pada 2018 lalu.

Kecemasannya itu bersumber dari kekhawatirannya mengenai supremasi kulit putih dan neo-Nazi pasca kemenangan Donald Trump sebagai presiden Amerika Serikat terpilih.

Lewat lagu-lagu dalam album 'Dirty Computer', Janelle Monae memang banyak berbicara mengenai rasisme dan xenophobia.

"Untuk pertama kalinya aku merasa sangat takut. Ada banyak yang terjadi di negaraku waktu itu dan aku tidak tahu apakah hal itu akan membuat mereka (pendukung Donald Trump) berani untuk melakukan sesuatu pada orang-orang sepertiku," ungkapnya dalam wawancara dengan NPR.

Janelle kemudian menjelaskan apa yang dia maksud dengan orang-orang sepertinya. "(Orang-orang) yang berbicara melawan rasisme, seksisme, xenophobia dan Islamophobia dan semua yang mereka representasikan. Aku tak tahu," ucapnya.

Meski merasakan kegelisahan terkait kondisi negaranya pasca kemenangan Trump, Janelle bersyukur hal itu tidak membuatnya menyerah. "Aku bersyukur aku tidak membiarkan itu menghentikanku," tuturnya.



Simak Video "Ada Billie Eilish, Berikut Daftar Penampil Oscar 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/imk)