detikHot

music

Kendorkan Senar dan 3 Cara Lain Merawat Gitar di Rumah

Selasa, 19 Mei 2020 14:22 WIB Dicky Ardian - detikHot
Gitar Fender Foto: dok. Fender
Jakarta -

Pandemi Corona memaksa kamu untuk tetap di rumah saja. Daripada bosan, kamu bisa menghabiskan waktu dengan merawat gitar kesayangan.

Ada beberapa cara merawat gitar agar awet dan bersuara merdu setiap dimainkan. Berikut adalah 4 cara merawat gitar yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Bersihkan

Yang sudah pasti harus kamu lakukan untuk merawat gitar tentu saja membersihkannya. Ada banyak bagian gitar yang bisa kamu bersihkan dari debu dan kotoran lainnya.

Pertama adalah senar sebagai sumber suaranya. Senar penting untuk dibersihkan karena bersentuhan lansgung dengan jari-jari kamu. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan cairan khusus atau cukup menggunakan kain saja.

Selanjutnya kamu bisa membersihkan fretboard. Selain senar, bagian ini juga bersentuhan langsung dengan jari dan besar kemungkinannya cepat kotor.

Berikutnya kamu bisa membersihkan body gitar. Biasanya, selain debu, minyak dari tangan kita kerap menempel dan membuat gitar terlihat usang.

Nah, jika kamu punya waktu berlebih, tidak ada salahnya membersihkan tuning keys. Bagian ini mungkin jarang diperhatikan, tapi kebersihannya wajib dijaga demi awetnya si gitar kesayangan.

Gitar FenderGitar Fender Foto: dok. Fender

2. Simpan di Tempat Aman

Karena umumnya gitar terbuat dari kayu, meletakkannya di tempat yang aman adalah penting. Kamu juga harus menyimpannya di tempat yang kering, tidak lembab dan terkena sinar matahari secara terus-menerus.

Lebih baik lagi jika kamu memiliki case untuk menjaga gitarmu dari debu, benturan, goresan dan kemungkinan buruk lainnya.

3. Kendorkan Senar

Namun sebelum menyimpannya di dalam case, ada baiknya kamu mengendorkan senar gitar. Jika kamu jarang memainkannya dalam waktu yang lama, kondisi senar yang kencang bisa membuat neck gitar melengkung.

4. Ganti Senar

Terakhir, Kamu bisa mengganti senar. Pergantian senar dilakukan tidak perlu menunggu rusak bahkan putus.

Jika kamu sering memainkannya, senar kemungkinan berkarat. Kalau sudah begitu, bukan cuma suara saja yang akan berpengaruh, tapi rentan putus saat dimainkan.




Simak Video "Uniknya Gitar Ukir, Jombang"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com