detikHot

music

Cerita di Balik Lagu 'Corona' Bimbo yang Viral Tercipta 30 Tahun Lalu

Minggu, 17 Mei 2020 20:30 WIB Yudistira Imandiar - detikHot
Bimbo Foto: detikcom
Jakarta -

'Corona datang Tuhan mencuci dunia, membungkam kesombongan manusia, tempat ibadah semuanya ditutup'.

Itulah sepenggal lirik dari lagu berjudul 'Di Rumah Saja' yang dinyanyikan grup musik Bimbo.

Lagu itu sempat ramai diperbincangkan karena disebut sudah memprediksi virus Corona yang datang di akhir tahun 2019. Rumor yang beredar mengatakan lagu itu diciptakan sekitar 30 tahun lalu.

Sam Bimbo yang menciptakan lagu itu menjelaskan asal mula lagu tersebut. Ia meluruskan, tembang tersebut tidak diciptakan 30 tahun lalu, tapi baru dibuat saat pandemi virus Corona merebak di Indonesia.

"Ini usia lagu ini saya kira baru mau dua bulan. Kebetulan saya ikut aktif di dalam generasi lintas budaya di BNPB bersama Letjen Doni (Kepala BNPB). Salah satu rekan saya di sana bilang 'kang bikin lagu Corona', Alhamdulillah datang inspirasinya," jelas Sam Bimbo dalam Konser Virtual Bersama Melawan Corona yang juga live di detikcom, Minggu (15/5/2020).

Konser Bersatu Melawan CoronaKonser Bersatu Melawan Corona Foto: detikcom

Sam mengatakan, lagu tersebut sudah menyebar ke publik belum sempat dirilis secara resmi. Dari situlah muncul rumor lagu Corona diciptakan sejak lama, karena Bimbo belum memperkenalkannya secara resmi.

"Karena semangat lagu itu belum beres sudah menyebar ke mana-mana. Saya positif thinking mudah-mudahan lagu itu barokah buat kita ya dan masyarakat suka mendengar lagunya dan suka mengeluarkan uangnya untuk membantu mereka korban Corona," lanjut Sam.

Konser Bersama Melawan Corona mengajak masyarakat untuk berdonasi melawan pandemi COVID-19. Donasi mulai Rp 10 ribu dapat disalurkan melalui kitabisa.com/bersatubagikasih dan benihbaik.com.




Simak Video "Konser 'Bersatu Melawan Corona' Sukses Galang Rp 4 M"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com