Cerita Lain dari Sebutan 'Sobat Ambyar' ke Penggemar Didi Kempot

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 05 Mei 2020 14:42 WIB
Warga memasuki gerbang Keraton Solo, Jawa Tengah.
Didi Kempot / Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Jakarta -

Para penggemar Didi Kempot kerap menamakan diri sebagai 'sobat ambyar'. Ternyata, ada cerita lain tentang sebutan ini.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengungkapkan cerita ini. Dia merupakan salah satu kerapat yang sudah mengenal Didi Kempot sejak lama. Dia mengaku pernah mengusulkan kepanjangan dari Sobat Ambyar yang menjadi julukan dari penggemar Didi Kempot.

"Sobat Ambyar itu (singkatan dari) Solo bakal ayem tentrem barokah akeh rezekine, jangan bukan ambyar yang negatif, tapi sangat positif," kata FX Rudy dalam siaran CNN Indonesia, Selasa (5/5/2020).

Rudy juga mengenang, di masa mudanya, ia banyak menghabiskan waktu bersama keluarga Didi Kempot dan saudara-saudaranya. "Saya kenal dengan keluarga mbah Ranto (Ranto Edi Gudel, ayah Didi Kempot) memang sudah akrab. Kami sama-sama suka nongkrong di trotoar, kami akrab," ucapnya.

Sedari dulu, Hadi sudah memprediksi bahwa suatu hari Didi Kempot akan naik daun. Sebab ia melihat Didi sebagai sosok yang teladan.

"Naik daunnya mas Didi itu ada saatnya. Pasti ada saatnya dia akan naik daun ternyata benar," ujar dia.

Didi Kempot gandeng FX Rudy nyanyi Ojo MudikDidi Kempot gandeng FX Rudy nyanyi Ojo Mudik Foto: Didi Kempot gandeng FX Rudy nyanyi Ojo Mudik (tangkapan layar YouTube)

Didi Kempot meninggal dunia Selasa, 5 Mei 2020 pukul 07.45 WIB di RS Kasih Ibu, Solo, Jawa Tengah. Semasa hidupnya ia dikenal dengan sejumlah lagu campursari bertemakan hingga dijuluki The Godfather of Broken Heart.

Karyanya yang dikenal antara lain 'Cidro', 'Sewu Kuto', 'Stasiun Balapan', 'Layang Kangen' dan lain-lain.



Simak Video "Kangen Didi Kempot, Anak Sulungnya Pakai Baju Mendiang "
[Gambas:Video 20detik]
(srs/imk)