Kisah Robi Navicula, Pemusik Grunge yang Juga Petani Organik

Alfi Kholisdinuka - detikHot
Minggu, 03 Mei 2020 12:15 WIB
Mola TV
Foto: dok Mola TV
Jakarta -

Penggemar musik beraliran grunge di akhir 90-an pasti cukup familiar dengan band Navicula. Secara otomatis, tentu juga cukup akrab dengan Gede Robi Supriyanto, sang vokalis, gitaris, sekaligus pendiri band yang berbasis di Pulau Bali tersebut.

Meski masih kerap menyapa para penggemarnya melalui pementasan di sejumlah acara, belakangan Robi sendiri justru mulai lebih sering dikenal publik lantaran kedekatannya dengan lingkungan. Terutama dalam kampanye anti plastik, serta di bidang pertanian organik.

"Tiap hari obrolannya itu, karena kebetulan dekat keluarga juga, hobinya di dunia aktivis, saya juga suka kumpulnya sama teman-teman yang ada di WALHI, kita ngobrol di sini dekat rumah isu deforestasi, tentang perusakan hutan. Jadi otomatis (terjun ke isu lingkungan)," ujarnya.

Jiwa bertani Robi terbangun sejak kecil, ketika ia menghabiskan libur kenaikan kelas bersama sang kakek, alih-alih clubbing layaknya bocah seusianya kala itu. Dari sini Robi mulai memahami betul cara bercocok tanam, memetik, hingga menjemur hasil tanaman.

Implementasinya pun dilakoni hingga detik ini. Robi memiliki kebun di wilayah pekarangan rumahnya sendiri. Selain untuk menanam tanaman organik yang sebagian besarnya akan disantap menjadi menu makanan sehari-hari, Robi juga mendaur ulang sampah organik di rumahnya.

"Sekitar 70% dari sampah rumah adalah sampah organik. Daripada harus membeli pupuk yang harganya lumayan mahal, lebih baik saya mendaur ulang sampah-sampah ini guna dijadikan pupuk," jelas Robi.

Penasaran dengan keseluruhan cerita dari Robi Navicula ini? Cerita lengkap Robi bisa Anda tonton dalam acara Blusukan Butet Kartaredjasa: Robi Navicula Pemusik Grunge yang Petani.

Semua itu bisa dilihat melalui paket Corona Care Mola TV. Dalam program ini, Mola TV mengajak masyarakat untuk turut peduli melalui Corona Care, sebuah program yang bertujuan untuk membantu pemerintah melawan wabah virus COVID-19 di Indonesia.

Program ini dapat disaksikan juga dengan memberikan sumbangan yang beragam mulai dari Rp 0 (melalui donasi doa) hingga Rp 5 juta. Nantinya untuk setiap sumbangan yang diterima, akan digandakan oleh Mola TV lalu disalurkan kepada BNPB dan PMI untuk membantu perjuangan melawan Corona.



Simak Video "Haaland 2 Gol, Dortmund Bekuk Freiburg 4-0 "
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)