detikHot

music

Suasana Ramadhan dalam Lagu Religi

Minggu, 26 Apr 2020 16:00 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Penyanyi sekaligus dokter bedah plastik, Teuku Adifitrian atau Tompi dihadirkan sebagai saksi sidang lanjutan kasus hoax penganiaan dengan terdakwa Ratna Sarumpaet. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Keberadaan Ramadhan dan lagu-lagu religi seakan tidak dapat terpisahkan. Beberapa lagu religi bahkan menggambarkan suasana di kala Bulan Suci tiba.

Misalnya penyanyi religi Opick yang mengeluarkan lagu berjudul 'Ramadhan Tiba'. Lagu tersebut memotret suka cita umat muslim dalam menyambut datangnya Bulan Suci.

Dalam liriknya, digambarkan pula bahwa beribadah di bulan Ramadhan memiliki keutamaan dengan pahala yang lebih besar ketimbang di waktu-waktu lainnya.

[Gambas:Youtube]


Akan tetapi, rupanya suasana Ramadhan tidak hanya bisa digambarkan oleh penyanyi lagu religi saja. Musisi jazz Tompi juga pernah membuat lagu berjudul 'Ramadhan Datang' yang menggambarkan bagaimana gembiranya bila Ramadhan telah datang.

Dalam liriknya, Tompi bercerita mengenai ibadah puasa yang dijalankan sebulan penuh merupakan penggambaran dari upaya manusia dalam mengalahkan hawa nafsu.

Dia juga berbicara mengenai ibadah lainnya yang bisa menyempurnakan pahala pada Ramadhan, misalnya Tarawih dan Tahajud.

[Gambas:Youtube]


Gita Gutawa berduet dengan Haddad Alwi pun pernah membawakan lagu yang menggambarkan kebahagiaan umat muslim ketika Ramadhan datang dalam lagu berjudul 'Salam Ramadhan'.

Dalam liriknya, Ramadhan disebut oleh keduanya sebagai bulan penghapus dosa dan bulan yang mulia. Lagu tersebut juga menggambarkan kerinduan seorang hamba pada pada kasih sayang sang Ilahi.

[Gambas:Youtube]




(srs/aay)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com