detikHot

music

Lagu Religi Ikonik dari Masa ke Masa

Minggu, 26 Apr 2020 15:00 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Ilustrasi Grup Bimbo Foto: Ilustrasi : Edi Wahyono
Jakarta -
Bulan Ramadhan di tahun ini telah tiba. Sebagaimana halnya di tahun-tahun sebelumnya, jumlah keberadaan lagu-lagu religi bernapaskan Islami meningkat pesat di masa bulan Ramadhan.

Memang tidak semua lagu religi dirilis di bulan Ramadhan, akan tetapi di Bulan Suci ini, lagu-lagu yang menceritakan hubungan manusia dengan Sang Khalik menjadi kerap diputar kembali.

Sebagaimana tren lagu pada umumnya, lagu religi juga memiliki berbagai masa dan generasi. detikHOT mencoba merangkum sejumlah lagu-lagu religi ikonik dari masa ke masa.

'Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya' - Bimbo

Meski pada awalnya trio Bimbo bukanlah grup musik yang khusus menyanyikan lagu-lagu religi, akan tetapi, karya lagu-lagu religi dari Bimbo menjadi begitu dikenal. Salah satu yang dikenal adalah 'Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya'.

Lirik dari lagu tersebut menceritakan tentang pertanyaan-pertanyaan sederhana dari seorang anak pada ayahnya mengenai makna dari ritual ibadah, mulai dari berpuasa, membaca kitab suci hingga sedekah.

Lagu tersebut terbilang sederhana dan mudah dimengerti akan tetapi sebenarnya berisikan ajaran agama.


[Gambas:Youtube]



'Akhirnya' - GIGI

Akhirnya' menjadi salah satu lagu religi paling dikenal dari GIGI. Lagu tersebut terdapat dalam album 'Raihlah Kemenangan' yang rilis pada 2004 dan merupakan album rohani pertama bagi GIGI.

Lirik dari lagu tersebut menggambarkan pengakuan dan kepasrahan seorang hamba kepada Tuhan. Lagu tersebut juga berisikan permohonan maaf seorang manusia yang kerap berbuat dosa selama hidup di dunia.

[Gambas:Youtube]



'Jagalah Hati' - SNADA

'Jagalah Hati' merupakan lagu yang ditulis oleh ustaz Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym. Lagu tersebut dipopulerkan oleh grup nasyid SNADA.

[Gambas:Youtube]



'Dengan Menyebut Nama Allah' - Novia Kolopaking

'Dengan Menyebut Nama Allah' merupakan salah satu lagu religi yang populer. Bagaimana tidak, lagu ini hingga kini masih dinyanyikan dalam banyak versi oleh sejumlah musisi.

Novia Kolopaking merupakan penyanyi yang mempopulerkan lagu tersebut, akan tetapi setelah itu ada sejumlah musisi yang membawakannya kembali, mulai dari Warna, GIGI, Andini, hingga Nagita Slavina.

Lagu tersebut ditulis oleh Arya Dipayana bersama dengan Dwiki Darmawan.

[Gambas:Youtube]


(srs/aay)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com