Mengenang Glenn Fredly Lewat Diskografi

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 12 Apr 2020 13:40 WIB
Glenn Fredly
Foto: Gus Mun/detikHOT
Jakarta -

Glenn Fredly Deviano Latuihamallo atau dikenal dengan nama Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu, 8 April 2020. Semasa hidupnya, dirinya dikenal sebagai musisi papan atas dengan segudang karya.

Kepergiannya meninggalkan duka mendalam bagi keluarga dan kerabat dekatnya. Tidak hanya mereka yang mengenalnya secara langsung, kehilangan juga dirasakan para pendengarnya yang merasa karya-karyanya membekas di hati mereka.

Cara paling tepat untuk mengenang sang musisi tentunya lewat lagu-lagunya. Glenn Fredly mengawali kariernya dengan bergabung dengan Funk Section. Setelah bersolo karier, ia mengeluarkan album perdana bertajuk 'Glenn' (1998).

Album keduanya rilis dua tahun setelahnya dengan judul 'Kembali' (2000). 'Selamat Pagi, Dunia!' menjadi album miliknya yang bisa dibilang sukses melambungkan namanya menjadi lebih dikenal. Saking suksesnya album tersebut, Glenn merilis versi Deluxe dengan tambahan lagu 'Akhir Cerita Cinta' dan 'Sedih yang tak Berujung' pada 2004.

Musisi kelahiran 30 September 1975 itu juga mengisi soundtrack untuk film 'Cinta Silver' yang rilis pada 2005. Setahun setelahnya, album religi berjudul 'Christmas Album - Terang ' (2006) dikeluarkan olehnya.

Pada tahun-tahun itu, Glenn Fredly terbilang musisi yang produktif. Bagaimana tidak, ia merilis album hampir satu tahun sekali, sebut saja 'Happy Sunday' (2007) dan 'Private Collection' (2008). Di 2010, Glenn mengeluarkan 'Lovevolution'. Setelah itu dirinya absen cukup lama dari merilis karya di bawah proyek solonya.

Ia memang merilis 'Cinta Luka & Merdeka' pada 2012 diikuti dengan 'Live at Lokananta'. Akan tetapi keduanya merupakan proyek musiknya bersama The Bakuucakar.

Pada 2019, akhirnya Glenn Fredly mengeluarkan 'Romansa ke Masa Depan' sebagai album solo terbarunya setelah kurang lebih sembilan tahun tidak merilis album solo. Siapa yang sangka, album itu menjadi album terakhir dalam hidupnya.

'Selesai' yang merupakan salah satu lagu dari album tersebut menjadi lagu terakhir yang ia rilis sebagai single sebelum akhirnya kembali ke pangkuan Ilahi. Selamat jalan, Glenn Fredly. Cara terbaik mengenangmu adalah lewat karya-karyamu.



Simak Video "Tangis Mutia Ayu Mengenang Glenn Fredly"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dal)