5 Rekomendasi Alat Buat Kamu yang Mau Bikin Musik di Rumah

Dicky Ardian - detikHot
Selasa, 07 Apr 2020 12:06 WIB
MIDI Controller
Foto: AKAI
Jakarta -

Sambil #JagaJarakDulu, kamu bisa lebih produktif dengan membuat musik sendiri di rumah. Tapi apa saja alat yang dibutuhkan?

Tidak sulit, beberapa alat mungkin sudah ada di rumah bagi kamu yang kebetulan memang doyan musik. detikcom coba merangkum apa saja alat yang dibutuhkan di bawah ini.

1. Microphone

Microphone Foto: thinkstock

Microphone atau mic sepertinya menjadi alat wajib yang harus kamu punya jika ingin melakukan home recording. Alat yang satu ini memang punya jenis yang banyak, tapi yang paling praktis adalah mic dengan kabel USB.

Tapi kadang kepraktisan tidak segaris lurus dengan hasil yang dihasilkan. Jika kamu mau suara yang lebih baik, coba pilih mic dinamic atau condenser. Sayangnya, alat jenis ini mewajibkan kamu menyiapkan kabel XLR untuk dikoneksikan ke hardware lainnya.

2. Audio Interface

Audio IntefaceAudio Inteface Foto: Audio Inteface

Alat berikutnya adalah audio interface. Alat ini bisa menangkap sinyal dari mic menjadi audio digital ke komputer.

Dengan audio interface, suara yang kamu rekam bisa langsung diolah di software untuk proses editing.

3. Software

GarageBandGarageBand Foto: GarageBand

Walaupun namanya perangkat ringan, tapi software juga penting untuk memulai proses rekaman. Ada banyak rekomendasi software yang bisa digunakan, seperti GarageBand atau Cubase mungkin lebih simple untuk kamu.

4. Monitor

Monitor BehringerMonitor Behringer Foto: Behringer

Kamu juga harus punya monitor untuk langsung mendengarkan hasil dari rekaman tersebut. Tapi monitor ini bukan layar ya, tapi berbentuk speaker.

Ada dua pilihan monitor yang bisa kamu gunakan. Pertama kamu bisa menggunakan headphone. Untuk home recording, headphone sepertinya cukup. Tapi lebih baik juga kalau kamu punya monitor speaker yang dinilai banyak orang lebih 'jujur' hasilnya.

5. MIDI Controller

MIDI ControllerMIDI Controller Foto: AKAI

Yang terakhir adalah alat opsional. Kamu bisa menggunakan MIDI (Musical Instrument Digital Interface) Controller untuk membunyikan instrumen yang ada di komputer.

Kalau budget terbatas, kamu juga bisa menggunakan keyboard komputer dan mengubahnya menjadi MIDI Controller.

Bagaimana, kamu sudah siap menjajal rekaman sendiri di rumah?



Simak Video "Nggak Pake Masker Ngotot dan Peluk-peluk Petugas"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/doc)