Lirik 'Hymne Guru', Lagu Wajib yang Didedikasikan untuk Guru

Tri Suharyati - detikHot
Jumat, 03 Apr 2020 16:47 WIB
Siswa SD Negeri Joglo Solo mengikuti acara sungkem kepada guru untuk memperingati Hari Guru Nasional di halaman sekolah setempat, Solo, Jawa Tengah, Senin (25/11/2019). Aksi simpatik tersebut sebagai bentuk apresiasi peran guru dalam mendidik siswa di sekolah. ANTARA FOTO/Maulana Surya/foc.
Foto: ANTARA FOTO/Maulana Surya/Lirik 'Hymne Guru', Lagu Wajib yang Didedikasikan untuk Guru
Jakarta -

Lagu ciptaan Sartono yang berjudul 'Hymne Guru' ini diciptakan untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada guru-guru di Indonesia. Sebab guru-guru telah mendidik dan mencerdaskan anak bangsa.

Hari Guru Nasional Indonesia diperingati setiap tanggal 25 November. Pada tanggal 24 - 25 November 1945 bertempat di Surakarta, para guru membentuk kongres guru untuk mendukung kemerdekaan Indonesia. Hal itu ditandai dengan terbentuknya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Hari Guru Nasional sudah dicetuskan sejak tahun 1994 lalu dengan keputusan presiden, yaitu Kepres No. 78 Tahun 1994 dan ditulis di UU No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Atas dasar itulah ditetapkan setiap tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional yang diperingati bersamaan dengan ulang tahun PGRI.

Saat memperingati Hari Guru Nasional, salah satu lagu yang wajib dinyanyikan adalah Hymne Guru. Lagu dengan musik yang melow ini memiliki pesan mendalam untuk para guru.

Berikut lirik lagu Hymne Guru ciptaan Sartono:


Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku tuk pengabdianmu
Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa
Insan Cendekia




Simak Video "Janji Nadiem Makarim di Hari Guru Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)