Gegara Corona, Haul 25 Tahun Nike Ardilla di Ciamis Ditunda

Dadang Hermansyah - detikHot
Selasa, 17 Mar 2020 11:16 WIB
Makam Nike Ardilla (Dadang Hermansyah/detikcom)
Foto: Makam Nike Ardilla (Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Setiap bulan maret, fans berat Nike Ardila dari berbagai daerah datang ke Ciamis untuk memperingati haul (meninggal). Namun di tahun 2020 ini, Haul 25 tahun penyanyi 'Seberkas Sinar' ini dipastikan ditunda gegara virus corona.

Biasanya haul Nike Ardila dilaksanakan setiap 19 Maret, bertepatan dengan tragedi yang menewaskan Nike Ardilla, atau pada hari Minggu di antara tanggal 19 Maret. Untuk tahun 2020 ini, haul rencananya digelar pada Minggu (22/3/2020) di lokasi makam Nike Ardilla di Pemakaman Cidudu, Dusun Lebaklipung, Desa Imbanagara, Kecamatan Ciamis.

"Rencananya Haul dilaksanakan nanti hari Minggu (22/3), kan tanggal 19-nya bukan hari Minggu. Tapi dengan adanya edaran dari pemerintah tak boleh ada kegiatan pengerahan massa jadi dibatalkan, ditunda dulu," ujar Ketua Nike Ardila Fans Club (NAFC) Ciamis, Gerak Mentasi, Selasa (17/3/2020).

Haul ditunda karena fans yang datang jumlahnya bisa mencapai ribuan dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Fans dari luar negeri juga biasanya berdatangan, dari Singapura, Malaysia hingga Brunei Darussalam.

Mereka biasanya datang secara rombongan dengan menyewa bus besar, beberapa di antaranya menggunakan kendaraan pribadi. Para fans ini datang sehari sebelum acara berlangsung. Saat acara digelar biasanya dilaksanakan doa bersama di depan makam, hingga hiburan menyanyikan lagu Nike Ardilla.

"Yang datang itu se-Indonesia, jumlahnya banyak, bukan lagi ratusan. Ada juga dari luar negeri seperti Malaysia dan Singapura. Karena saat ini kondisinya tak memungkinkan jadi ditunda. Edaran kepada para NAFC juga sudah disebar," jelas Gerak.



Simak Video "Cerita Awal Viralnya Amel yang Dibilang Mirip Mendiang Nike Ardilla"
[Gambas:Video 20detik]