detikHot

music

Sosok Budi Karya, Menteri Pencinta Musik Personel Elek Yo Band

Minggu, 15 Mar 2020 12:11 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Menhub Budi Karya Foto: Menhub Budi Karya (Fida/detikcom)
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif mengidap Covid-19 atau Corona. Dirinya menjadi pasien Corona kasus 76.

"Atas izin keluarga yang disampaikan oleh Pak Kepala Rumah Sakit Gatot Soebroto tadi adalah Pak Budi Karya, Pak Menhub. Ini kami sampaikan atas izin keluarga," ungkap Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Sabtu (14/3/2020).

Saat ini, Menhub dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Kondisinya dikabarkan membaik.


Selain menjadi menteri, Budi Karya Sumadi juga dikenal sebagai personel dari Elek Yo Band, band yang beranggotakan para menteri di Kabinet Kerja 2014-2019.

Menteri pada kabinet saat itu yang tergabung di dalam band adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (gitar/vokal), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (drum), Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Hanif Dhakiri (gitar/vokal), Menteri Keuangan Sri Mulyani (vokal), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (vokal), Koordinator Staf Khusus Pre­siden Teten Masduki (vokal), dan Ketua Bekraf Triawan Munaf (kibor).

Ketika bergabung dalam band tersebut, Budi Karya pernah menyumbangkan gitarnya untuk dilelang dalam konser amal untuk korban bencana alam di Lombok, NTB dan Bali pada September 2018 di Cilandak, Jakarta Selatan.

Gitar tersebut laku terjual seharga Rp 200 juta dan merupakan gitar lokal buatan Indonesia," Gitar ini nggak pakai merk. Tapi saya pakai enak, dua bulan lalu saya pakai. Nah, sekarang saya mau coba, karena kebanggan produk Indonesia," kata Budi Karya saat itu.


Menurut sang istri, Endang Sri Hariyatie, suaminya memang sudah menyukai musik sejak masih muda. Hanya saja hobi itu tidak ditekuninya sebagai pekerjaan.

"Ya untuk refreshing, cuma memang waktu latihan sangat sulit kan untuk mengumpulkan para menteri itu. Ya sangat mendukung buat refreshing, Bapak kan kerja terus nggak ada libur," tutur Endang saat ditemui usai menonton Elek Yo Band tampil bersama Endah N Rhesa di Java Jazz Festival 2018.

Elek Yo Band merupakan grup musik yang terbentuk pada saat resepsi pernikahan putri Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Jogja Expo Center, Yogyakarta, pada 30 Desember 2017 lalu. Acara itu sekaligus menjadi panggung pertama mereka.




Simak Video "Sembuh dari Corona, Budi Karya: Tanpa RSPAD, Kita Nggak Ketemu Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/mau)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com