detikHot

Musik dan TikTok

'Any Song' hingga 'Say So', Saat TikTok Bikin Lagu Makin Populer

Sabtu, 15 Feb 2020 10:38 WIB Indah Mutiara Kami - detikHot
Logo TikTok Foto: (Aisyah Kamaliah/detikcom)
Jakarta -

Pengguna TikTok pasti sudah hapal mati dengan sederet lagu sering diputar di aplikasi itu, di antaranya 'Any Song' - Zico, 'Say So' - Doja Cat hingga 'Siapa Benar Siapa Salah'. Viralnya lagu-lagu di aplikasi itu memberikan dampak besar untuk popularitas.

Meski lahir di China, popularitas TikTok sudah merambah ke berbagai negara. Situs Grammy sendiri pernah mengulas tentang lagu-lagu yang jadi viral di TikTok terutama di Amerika Serikat.

Salah satu contohnya adalah lagu 'Old Town Road Remix' dari Lil Nas X yang sukses masuk Billboard Hot 100 setelah viral di TikTok. Awalnya, Lil Nas X hanya mengunggah potongan lagunya ke TikTok dengan challenge yang mengajak pengguna ganti baju jadi ala-ala peternakan.

Ternyata, challenge itu banyak diikuti gen Z di TikTok. Ujung-ujungnya, lagu Lil Nas X jadi makin sering diputar.

"TikTok membantuku mengubah hidup. TikTok membuat laguku didengar audiens berbeda dalam satu waktu," kata Lil Nas X seperti dikutip dari Gulf News.

Kesuksesan yang sama juga dirasakan Lizzo dengan lagu 'Truth Hurts'. Potongan lirik 'I just took a DNA test, turns out I'm 100%' berbuah jadi #DNATest Challenge. Efeknya, lagu 'Truth Hurts' yang aslinya sudah dirilis tahun 2017 pun jadi populer lagi.

Photo Gallery
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pensiun Main TikTok, Ini Kesibukan Bowo Alpenliebe"
[Gambas:Video 20detik]

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com