'Jalan Enam Tiga', Mini Album Oleh-oleh Efek Rumah Kaca dari AS

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 29 Jan 2020 09:59 WIB
1.

'Jalan Enam Tiga', Mini Album Oleh-oleh Efek Rumah Kaca dari AS

Jalan Enam Tiga, Mini Album Oleh-oleh Efek Rumah Kaca dari AS
Foto: Saras/ detikHOT
Jakarta -

Efek Rumah Kaca (ERK) merilis mini album bertajuk 'Jalan Enam Tiga' yang berisikan empat lagu. Keempat lagu itu antara lain 'Tiba-Tiba Batu', 'Normal yang Baru', 'Jalan Enam Tiga', dan 'Palung Mariana'.

Keempat lagu yang terdapat dalam mini album direkam di Amerika Serikat. Menurut vokalis Cholil Mahmud, ide itu ia cetuskan karena setelah lima tahun tinggal di Negeri Paman Sam itu, ia ingin membuat kenang-kenangan dengan cara mencicipi dapur rekaman di sana.

"Kepikiran mencoba mencari pengalaman rekaman (di Amerika Serikat). Rapat sama anak-anak (personel ERK lainnya) lewat Skype, mereka mau-mau saja. Ya sudah dari situ diomongin segala macam, biaya, kemampuan rekaman di sana, teknisnya gimana," kata Cholil saat ditemui di M Bloc Space, Jakarta Selatan.



Proses penggarapan album tersebut memakan waktu tiga minggu, termasuk dengan lokakarya selama 10 hari dan sisanya digunakan untuk rekaman.

"Jadi yang sudah ada batang lagunya (yang dibuat di Jakarta). Ada satu lagu yang di-workshop-kan, kami latihan di Brooklyn. Dibikin rasanya mirip satu sama lain, (agar lagunya) ada benang merahnya," terang basis Poppy Airil.

Secara garis besar, 'Jalan Enam Tiga' memotret pengalaman yang dirasakan oleh Cholil Mahmud sebagai diaspora Indonesia yang tinggal di New York.