detikHot

music

Serunya JKT48 Garap 'Rapsodi' Sebagai Single Original

Rabu, 22 Jan 2020 20:25 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: Saras/detikHOT
Jakarta -

Bagi JKT48, 'Rapsodi' adalah lagu yang spesial. Sebab lagu tersebut merupakan original single yang pertama bagi mereka.

Anggota JKT48 yang menyanyikan lagu tersebut juga dipilih secara berbeda, yakni melalui pemungutan suara para penggemar.


Ada 16 anggota JKT48 yang menyanyikan 'Rapsodi'. Para anggotanya mengaku memiliki cerita menarik di balik pembuatan lagu tersebut.

Salah satunya yang menceritakan pengalaman tersebut adalah Beby Chaesara Anadila atau Beby. Baginya, memiliki original single adalah perjalanan panjang bagi JKT48.

Selain itu, ada banyak hal tidak terduga yang dirasakannya selama penggarapan lagu itu. Apabila sebelumnya mereka hanya mengadaptasi lagu dari AKB48, kali ini para personel JKT48 terlibat langsung.

"Ini perjalanan yang panjang, jadi pertama kali didengarkan kami sampai terharu banget akhirnya bisa membuat lagunya. Karena biasanya kami nonton video dengerin lagu, lalu sudah plekplekan kaya gitu," cerita Beby saat ditemui di Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (22/1/2020).

"Kalau lagu ini kami ngikutin sendiri prosesnya. Di proses rekaman ada yg diubah-ubah, 'Eh kayanya cara nyanyinya enakan kaya gini', yang kaya gitu-gitunya sih pengalaman baru. Kami ikut berproses, ikut memberikan saran juga," tuturnya lagi.

Rupanya, para anggota JKT48 memang telah lama menantikan adanya lagu original tersebut.

Melody Nurramadhani Laksani dari manajemen JKT48 yang juga pernah menjadi anggota dari idol group tersebut mengungkapkan bahwa lagu tersebut sudah dinanti-nanti bahkan sejak tahun ketiga.

"Sebenernya permintaan itu sudah dari lama. Mungkin tahun pertama masih nggak, karena kaninkan masih belum ngerti banget idol group itu seperti apa, tapi seiring berjalannya waktu, saya juga belajar. Terus kami tuh selalu minta dari mulai tahun ketiga, tahun keempat, tahun kelima," ujar Melody.

"Makin ingin karena ternyata sister group yang lain sudah punya lagu original. Fansnya tuh menekan itu. Jadi mereka kan pasti pressure juga buat kami, oh kami pengen," sambungnya.

Meski telah menginginkan adanya lagu origanl sedari lama, akan tetapi melalui sejumlah pertimbangan, penantian tersebut baru terbayar setelah delapan tahun.

"Sudah beberapa kali kami minta. Original song please, oh iya iya iya. Tapi kan pasti punya pertimbangan. Karena kan bahasa Jepang, kalau single original harus lagu Indonesia juga kan dan itu pasti membutuhkan waktu yang lama. Mungkin saat itu ada banyak pertimbangan yang harus dipikirin," tutur Melody.

Hingga akhirnya di tahun ini, barulah lagu original tersebut terwujud. Menurut Melody, kepecayaan untuk dapat membuat lagu original berbahasa Indonesia itu adalah sebuah berkah yang patut disyukuri.


"Sampai suatu hari di-announce sama manajemen, mungkin manajemen juga ada kontak langsung sama pihak 48 family, akhirnya dapat izin, ya maksudnya diizinkan membawakan original song sendiri dan komposernya boleh dari Tanah Air sendiri," urai Melody.

Dia menambahkan, "Jadi mungkin itu adalah pembicaraan penting, sampai akhirnya mereka mengizinkan karena mungkin sister group yang lain juga punya single original. Akhirnya ini jadi hadiah terindah bagi JKT 48 di tahun ke-8."




Simak Video "Hikmah di Balik Pandemi, Melody Eks JKT48 Kini Berasa Jadi Chef Andal"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com