detikHot

music

Setelah 8 Tahun, JKT48 Punya 'Rapsodi' Original

Rabu, 22 Jan 2020 19:18 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
JKT48 Foto: Saras/detikHOT
Jakarta -

Selama ini grup musik JKT48 memiliki banyak lagu yang merupakan adaptasi dan saduran dari lagu milik AKB48. Akan tetapi berbeda halnya dengan kini.

JKT48 baru saja mengeluarkan single bertajuk 'Rapsodi' sebagai lagu orginal pertama mereka setelah delapan tahun terbentuk.


Lagu itu diciptakan oleh trio komposer LaleIlmanNino dalam bahasa Indonesia. Selain lagu, mereka juga memiliki koreografi original yang digarap oleh Ari Tulang.

"Ini penantian selama delapan tahun lamanya hingga akhirnya JKT48 mendapatkan single original. Kali ini benar-benar buatan musisi Tanah Air kita. Jadi suatu kebanggan juga," ujar Melody Nurramadhani Laksani dari manajemen JKT48 ditemui di Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (22/1/2020).

Menurut Melody, ada pertimbangan khusus yang dilakukan ketika memilih pencipta lagu dan pencipta koreografi. Pihak JKT48 sangat berhati-hati dalam melakukan pemilihan karena tidak ingin mengecewakan para penggemarnya.

"Kami pasti ada pertimbangan, ada beberapa kandidat dan alhamdulillah kami ketemu komposer yang lagi hits juga. Pas tahu LaleIlmanNino yang menciptakan senang banget, semua antuasias menanti single ini," kata Melody.

"Kami juga dapat koreografer yang legend banget. Kami biasanya koreonya dari tinggal melihat dari Jepang, tapi kali ini kami memulai dari nol. Kami ingin memulai sesuatu yang baru," sambung dia.

Sedangkan menurut Nino, dirinya sengaja menciptakan lagu yang berbeda dari lagu-lagu yang biasa dinyanyikan para personel JKT48 karena ingin memberikan warna yang baru.

Apabila biasanya lagu JKT48 cenderung bertempo cepat, kini lagu itu dibalut dengan tempo yang lebih lambat namun tetap bernada cerita.

Perubahan yang diberikan dalam lagu original tersebut awalnya membuat Nino sempat merasa takut akan diprotes para penggemar JKT48. Akan tetapi, ia gembira setelah melihat respons yang sejauh ini bernada positif.

"Kami degdeggan banget karena kami pikir fansnya JKT48 ingin lagu yang upbeat, tapi karena ini orinal single pertama, jadi kami mutusin lagu yang medium beat dengan lirik yang sangat Indonesia untuk memberikan sesuatu yang baru," cerita Nino.

Pemilihan member JKT48 yang menyanyikan lagu tersebut pun berjalan dengan cara yang terbilang berbeda. Bila sebelumnya pemilihan member yang akan menyanyikan lagu diputuskan oleh pilihan manajemen, kini diputuskan melalui pilihan penggemar.

Shani Indira Natio menjadi member yang paling terbanyak dipilih dengan perolehan 72.707 suara. Ada total 16 orang yang menyanyikan lagu ini.

"Anak-anak yang membawakan dipilih sama fans bukan menajemen. Semua member yang membawakan lagu ini pure dipilih sama fans JKT48," jelas Melody.


Secara garis besar, 'Rapsodi' berkisah mengenai rasa bahagia karena akhirnya menemukan tambatan hati untuk kemudian menikah.

Selain merilis single, album dari JKT48 juga akan dikelurkan dalam bentuk fisik pada Februari 2020.




Simak Video "Setelah 8 Tahun Penantian, JKT48 Resmi Rilis Single Orisinal"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com