detikHot

Ulasan Konser

Satu Malam Sublim Bersama Bon Iver

Senin, 20 Jan 2020 08:03 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Halaman 1 dari 3
Konser Bon Iver di Jakarta. Foto: High Iso/ dok. Ismaya Live
Jakarta - Keindahan bisa muncul dalam berbagai rupa dan bentuk, ada yang bisa dilihat, ada yang bisa dirasakan. Nyanyian Bon Iver adalah salah satu bentuk dari keindahan itu, dapat dirasakan dengan cara mendengarkannya dengan hati yang terbuka.

Minggu (19/1/2020), mungkin menjadi salah satu malam yang tidak terlupakan bagi penggemar Justin Vernon (sosok dibalik Bon Iver) dan kawan-kawannya di Jakarta. Musikus asal Amerika Serikat itu tampil di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta Pusat.



Konser tersebut merupakan rangkaian dari tur Asia dalam rangka mempromosikan album barunya, 'i,i' (2019). Sebelum datang ke Jakarta, mereka lebih dulu menyapa para penggemarnya di Seoul, Bangkok, Singapura, dan setelahnya, mereka akan bertolak ke Tokyo.

Dirilis menjelang akhir tahun lalu, 'i,i' merupakan album yang terbilang sukses. Album dan single berjudul 'Hey Ma' berhasil membawa Bon Iver mendapatkan tiga nominasi Grammy Awards ke-62 untuk kategori Best Alternative Music Album, Album of the Year, dan Record of the Year.



Bagi yang mengikuti perjalanan karier Bon Iver sedari 'For Emma, Forever Ago' (2008), 'Bon Iver' (2011), '22, A Million' (2016), 'i,i' (2019) dan bahkan mini album 'Blood Bank' (2009) mungkin dapat menyadari perjalanan dan eksplorasi bermusik dari Bon Iver.

Mereka adalah para musikus yang lebih dari sekedar pelantun 'Skinny Love', salah satu lagu paling sukses milik mereka. Eksplorasi musik yang mereka lakukan bahkan begitu lebar hingga mampu melampaui batasan.

Di album-album awal, Justin Vernon lebih banyak memasukkan unsur indie dan folk yang kental dengan petikan gitar. Pada album ketiga ('22, A Million'), Vernon melakukan eksplorasi yang begitu lebar, musiknya terdengar begitu eksperimental dengan bunyi-bunyian tidak biasa. (srs/wes)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com