Fakta-Fakta Seputar Penyelenggaraan Grammy Awards

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 19 Jan 2020 15:26 WIB
Foto: Grammy Awards 2020
Jakarta - Grammy Awards akan kembali berlangsung tahun ini. Acara penghargaan bagi insan musik mancanegara itu akan digelar pada 26 Januari 2020 di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat.

detikHOT merangkum fakta-fakta tentang Grammy Awards yang mungkin baru kamu ketahui.


Grammy Awards Pertama

Ajang penghargaan Grammy Awards pertama kali digelar pada 4 Mei 1959 di Beverly Hilton, Los Angeles. Acara itu berlangsung untuk menghargai musisi yang karyanya dikenal dan dinilai baik di sepanjang periode tahun 1958.

Ada 28 kategori yang dilombakan dalam Grammy Awards pertama. Saat itu, lagu 'Volare' atau 'Nel Blu Dipinto di Blu' milik penyanyi Italia Domenico Modugno menjadi pemenang di kategori Song of the Year dan Record of the Year.


Los Angeles Jadi Kampung Halaman Grammy Awards

Selama penyelenggaraan Grammy Awards, ajang penghargaan itu pernah berlangsung di Los Angeles, New York, dan Nashville. Nashville hanya pernah satu kali menjadi tuan rumah Grammy pada 1972.

Sedangkan Los Angeles menjadi kota paling sering menjadi tuan rumah Grammy sekaligus kampung halaman dari ajang tersebut.

Sejak 2000, Staples Center menjadi tempat berlangsungnya Grammy Awards nyaris di setiap tahunnya, kecuali pada 2003 dan 2018 saat acara itu berlangsung di Madison Square Garden, New York.


Pemenang Grammy Terbanyak

Ada tiga musisi yang tercatat menjadi pemenang terbanyak sepanjang ajang penghargaan Grammy Awards. Mereka adalah Sir Georg Solti dengan 31 piala, Quincy Jones dengan 27 piala, dan Alison Krauss dengan 26 piala.



Simak Video "Reaksi BTS Ditanya Target Masuk Nominasi Grammy"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/mau)