detikHot

music

Addie MS Bicara tentang John Williams dan Pengaruh pada Musiknya

Selasa, 14 Jan 2020 20:26 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: istimewa
Jakarta - Sebagai seorang konduktor dan komposer, Addie MS menjadi salah satu yang paling terkenal di Tanah Air. Rupanya dirinya banyak terinspirasi dari lagu-lagu yang ada di dalam film.

Salah satu yang paling menginspirasi Addie MS adalah sosok komposer asal Amerika Serikat, John Williams.

Pria kelahiran Jakarta, 7 Oktober 1959 itu mengenal John Williams dari scoring dan lagu yang digarapnya dalam seri film 'Star Wars'. Nyaris semua lagu dari film 'Star Wars' yang digarap John Williams memberikan kesan membekas pada Addie MS, akan tetapi yang paling mendalam adalah musik dari film 'Star Wars Episode III: Revenge of the Sith'.

Sejak itu, musikus bernama lengkap Addie Muljadi Sumaatdja itu tidak mau melewatkan satu pun film John Williams.

"Terus terang musisi yang paling aku kagumi, yang masih hidup, ya John Williams," ungkap Addie MS saat ditemui di kawasan Brawijaya, Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2020).



"Karya dia, dari yang 'Star Wars', 'Harry Potter', 'Sabrina', itu banyak sekali dan semuanya mengagumkan. Harmoninya beyond imagination," sambung Addie.

Ia melanjutkan, "Kalau ada 'bau-baunya' John Williams, kita sudah tahu, dari pemilihan harmoninya atau chord-nya kira tahu itu ciri khasnya John Williams."

Saking dirinya terinspirasi oleh sosok musisi peraih penghargaan Grammy Awards dan Oscar tersebut, Addie MS pernah membuat konser 'A Tribute of John Williams' bersama Twilite Orchestra binaannya pada 2016 lalu.

"Dan ternyata karya-karya John Williams nggak ada yang gampang, semuanya susah. Even 'Harry Potter' yang kalau dibandingin 'Star Wars' kedengarannya lebih light bunyi string-nya, pas dimainkan ternyata (saya) tetap tegang," ucapnya.

Memainkan lagu-lagu dalam film memang telah menjadi siasat tersendiri bagi Addie MS untuk memperkenalkan musik orkestra ke lebih banyak pendengar.

Upaya untuk membumikan musik orkestra itu ia lakukan dengan cara memainkan aransemen dari lagu-lagu yang ada dalam film.

Ketika lagu tersebut dimainkan, mereka yang mendengar bisa langsung membayangkan dan merasa terhubung dengan film yang pernah mereka tonton.

"Aku cari cara untuk bikin musik klasik atau musik simfoni itu memasyarakat, salah satunya dengan menghubungkan antara lagu sama musik. Jadi misalkan ada lagu tema dari film, aku mainkan, orang bisa memaksimalkan theater of mind-nya, jadi penonton berimajinasi," jelasnya.

"Jadi yang awalnya nggak suka orkestra, dimainkan lagu dalam film, mereka jadi mengerti, 'Oh begini', terus jadi suka," katanya lagi.

Selain terinspirasi oleh karya-karya John Williams, Addie MS juga mengaku mengenal musik opera dari lagu film 'The Godfather' yang digarap oleh Nino Rota dan Carlo Savina.

"Dulu aku nggak ngerti apa bagusnya orang nyanyi teriak-teriak, soprannya, tenornya, kalau nyanyikan dramatis banget. Begitu denger (lagu dari film) 'The Godfather' pas adegan dia dibunuh, tapi latar belakangnya musik opera, kok seru ya," ucapnya.


Simak Video "Addie MS Puji Calon Mantunya, Vicy Melanie"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/kmb)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com