detikHot

music

Iwan Fals Niat Gunakan Tanjidor di Konser Si Doel

Senin, 13 Jan 2020 18:10 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Iwan Fals Foto: Asep Syaifullah Iwan Fals Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - Konser bertajuk 'Mega Konser: Akhir Kisah Cinta si Doel' digelar sebagai bentuk perayaan rilisnya film 'Akhir Kisah Cinta si Doel' pada 23 Januari 2020 nanti.

Pertunjukan musik yang melibatkan Iwan Fals, Slank, Armada dan Wizzy itu akan berlangsung pada 17 Januari 2020 dan disiarkan langsung di salah satu stasiun televisi swasta pukul 22.00 WIB.

Selama ini, seri 'Si Doel' menjadi kisah yang sangat dekat dengan budaya Betawi. Bagaimana tidak, Doel (diperankan Rano Karno) sebagai tokoh utama digambarkan lahir di keluarga Betawi.

Diminta untuk tampil di konsernya, Iwan Fals awalnya berniat untuk tampil dengan tanjidor agar memberikan sentuhan budaya Betawi.




Sayangnya, setelah mencoba berlatih, ia pun mengurungkan niatnya itu. Alasannya, aransemen musik yang ingin ia mainkan tidak cocok untuk dipadukan dengan tanjidor.

"Sempat kepikiran pakai tanjidor tadi, tapi waktu latihan dan segala macemnya juga nggak cukup. Kalau dipaksain juga nggak bagus," ucap Iwan saat ditemui di Duren Tiga, Jakarta Selatan, Senin (13/1/2020).

Akhirnya, Iwan Fals memutuskan untuk menggunakan gitar akustik saat tampil dalam konsernya nanti. Pada acara tersebut, musikus pelantun 'Bento' itu juga bakal berkolaborasi dengan Armada.

"Yang tiga lagu main (dengan) gitar akustik. Yang satu lagi kolaborasi sama Armada, itu agak beda. (Membawakan) lagu 'Si Doel', kami belum latihan (bersama)sih, tapi saya udah mulai denger-dengerin," ujarnya.

Dalam hal pemilihan lagu, Iwan Fals mencoba menyesuaikan lagu yang akan ia bawakan nanti dengan jalan kisah cerita 'Si Doel'.

"Saya pilih yang mana nih, antara cinta dan nasionalisme," ucapnya.




Nantinya, di setiap lagu, akan ada visualisasi penggalan adegan dari seri 'Si Doel' yang dirasa sesuai dengan liriknya.

Penggalan adegan yang menjadi visualisasi untuk latar lagu tersebut akan dipilih sendiri oleh Rano Karno.

"Tapi tadi sudah sempat diomongin kalau lagu ini, dipilih nanti gambarnya ini, gitu kata Rano," ungkap Iwan.


Simak Video "Bocoran Penampilan Iwan Fals di Konser "Akhir Kisah Cinta Si Doel""
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com