detikHot

music

Ahmad Dhani Sudah Bebas, Dengarkan Lagi Karya Musiknya

Senin, 30 Des 2019 14:58 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Ahmad Dhani. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Musisi Ahmad Dhani akhirnya bisa kembali menghirup udara bebas setelah menjalani masa hukumannya dibui. Tepat hari ini, Senin, 30 Desember 2019 sang musisi dibebaskan dari penjara.

Sebelumnya, ia didakwa penjara satu tahun karena kasus ujaran kebencian. Masa kurungannya kemudian dikurangi.

Pada hari kebebasan sang musisi, detikHOT menuliskan kembali sejumlah lagu-lagu milik Ahmad Dhani yang bisa kamu dengarkan.



'Kirana' - Dewa 19

[Gambas:Youtube]



'Kirana' merupakan lagu yang ditulis oleh Ahmad Dhani bersama Erwin Prasetya. Lagu tersebut tertuang dalam album milik Dewa 19 berjudul 'Pandawa Lima'. Saat itu, Ari Lasso masih menjadi vokalis dari band ikonik asal Surabaya itu.

'Sudah' - Ahmad Band

[Gambas:Youtube]


Selain bermusik dengan Dewa 19, Ahmad Dhani juga pernah membuat proyek musik bernama Ahmad Band. 'Sudah' merupakan salah satu lagu patah hati dengan lirik apik yang jauh dari kesan cengeng.

Lagu tersebut menggambarkan ketegeran dan pembelajaran yang dapat dipetik dari sebuah perpisahan. 'Sudah' masuk dalam album 'Idelogi, Sikap, Otak' (1998).

'Mistikus Cinta' - Dewa

[Gambas:Youtube]


Setelah berganti vokalis dari Ari Lasso menjadi Once, Dewa 19 sempat berganti nama menjadi Dewa pada awal dekade 2000-an.

Ahmad Dhani menulis lagu 'Mistikus Cinta' yang masuk ke dalam album 'Cintailah Cinta' (2002).

'Bidadari di Kesunyian' - Ahmad Band

[Gambas:Youtube]


'Bidadari di Kesunyian' merupakan salah satu single milik Ahmad Band dari album 'Ideologi, Sikap, Otak' (1998).

'Biar Menjadi Kenangan' - Reza Artamevia feat. Masaki Ueda

[Gambas:Youtube]


Sepanjang karier bermusiknya, Ahmad Dhani tidak hanya menulis lagu untuk proyek yang melibatkan dirinya saja. Ia juga menjadi produser dan pencipta lagu untuk penyanyi lainnya.

Reza Artamevia adalah salah satu penyanyi yang pernah menyanyikan lagu karangan Ahmad Dhani. 'Biar Menjadi Kenangan' adalah lagu yang ditulis Dhani untuk album'Keabadian' (2000) milik Reza Artamevia.

'Kuldesak' - Ahmad Dhani & Andra Ramadhan

[Gambas:Youtube]


'Kuldesak' dirilis pada 1999. Lagu bernafaskan religi tersebut merupakan hasil kolabarasinya dengan gitaris Dewa 19, Andra Ramadhan.

Lagu tersebut berkisah mengenai seorang hamba yang menyadari bahwa dirinya bukanlah tanpa siapa-siapa tanpa pertolongan dari Tuhannya.

'Munajat Cinta' - The Rock / T.R.I.A.D

[Gambas:Youtube]


Ahmad Dhani juga pernah membentuk grup bernama The Rock atau yang sekarang dikenal sebagai T.R.I.A.D. 'Munajat Cinta' adalah lagu yang paling terkenal dari band tersebut. Lagu itu terdapat di album 'Master Mister Ahmad Dhani I' (2007).


Simak Video "Ahmad Dhani Ingin Buat Film soal Kehidupannya di Penjara"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com