detikHot

Top Ten 2019

10 Single Paling HOT di 2019

Kamis, 26 Des 2019 15:24 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: dok. Yovie Widianto, Tulus dan Glenn Fredly
Jakarta - Single menjadi salah satu hal yang penting dalam pengkaryaan di ranah musik. Sebuah single bisa berarti banyak hal.

Bisa berarti lagu tersebut menjadi jagoan dalam sebuah album, bisa juga menjadi perkenalan untuk mengetahu isi album, bahkan identitas musik sang musisi.

Di tahun ini, ada sejumlah single yang sukses didengarkan banyak orang dan menjadi bahan perbincangan.

detikHOT merangkum 10 single paling HOT di tahun ini. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini!

'Adu Rayu' - Yovie Widianto feat. Glenn Fredly & Tulus

'Adu Rayu' menjadi salah satu lagu paling banyak dibicarakan di tahun ini. Sebab video klip lagu tersebut dibintangi oleh tiga aktor dan aktris papan atas, yakni Chicco Jerikho, Velove Vexia dan Nicholas Saputra.

Melihat cerita yang disuguhkan video klipnya, sejumlah warganet terbelah mendukung Chicco dan mendukung Nicholas.

Selain karena video klipnya yang fenomenal, lagu ini juga berhasil mendapatkan sejumlah penghargaan dari ajang AMI Awards 2019.

[Gambas:Youtube]



'Masa Masa' - The Adams

Tahun ini, The Adams merilis album baru yang berjudul 'Agterplaas' setelah 13 tahun absen merilis karya. Sebelumnya, mereka lebih dulu memperkenalkan single 'Pelantur' dan 'Masa Masa' sebagai jembatan menuju album.

'Masa Masa' merupakan lagu yang digarap oleh Ario Hendarwan dengan lirik yang ditulis bersama-sama para personel The Adams dan Hasief Ardiansyah.

Lagu bernapaskan indie rock tersebut bercerita mengenai nostalgia di masa SMA. The Adams mengenang indahnya kenangan bersama teman-teman yang dilalui saat masa remaja.

[Gambas:Youtube]



'Kembali' - Raisa

Setelah melahirkan buah hatinya, Raisa sempat memutuskan rehat sejenak dari dunia musik. 'Kembali' menjadi lagu yang menandai kembalinya penyanyi kelahiran 6 Juni 1990 itu ke industri hiburan.

Lagu tersebut ditulis Raisa bersama Mikha Angelo dari The Overtunes. Ini merupakan kali pertama keduanya berkolaborasi.

[Gambas:Youtube]



'Kembali ke Awal' - Glenn Fredly

Nyaris satu dekade Glenn Fredly tidak mengeluarkan album solonya. Tahun ini, Glenn pecah telor dengan merilis 'Romansa ke Masa Depan'.

'Kembali ke Awal' menjadi salah satu single dalam album tersebut. Lagu tersebut sekaligus menjadi soundtrack dari film 'Twivortiare' yang diangkat dari novel karya Ika Natassa dan dibintangi Reza Rahadian dan Raihaanun.

[Gambas:Youtube]



'Tiba-Tiba Batu' - Efek Rumah Kaca

Vokalis Efek Rumah Kaca, Cholil Mahmud, yang sebelumnya bermukim di Amerika Serikat kini kembali ke Indonesia. Sebelum pulang ke Tanah Air, Cholil sempat mengajak rekan-rekan satu bandnya untuk merekam lagu di Negeri Paman Sam itu.

'Tiba-Tiba Batu' menjadi lagu yang direkam Cholil di AS sebelum pulang. Dalam sebuah wawancara, ia mengaku lagu itu berangkat dari peristiwa yang terjadi di keseharian, yang terjadi di Indonesia dan juga Amerika Serikat.

[Gambas:Youtube]



'Senja Teduh Pelita' - Maliq & D'Essentials

Tahun ini, grup musik Maliq & D'Essentials telah menginjak usia 17 tahun berkarier di industri musik. Untuk merayakannya, mereka merilis sebuah single berjudul 'Senja Teduh Pelita'.

Lagu ini bercerita mengenai restu yang diberikan alam semesta lewat tanda-tanda ketika dua orang sedang jatuh hati.

'Senja Teduh Pelita' direkam di Jakarta dan melalui proses mixing di Abbey Road Studio, London, Inggris.

[Gambas:Youtube]



'Wanitaku' - NOAH

Bisa dibilang 'Wanitaku' adalah salah satu single kenang-kenangan yang direkam dan dirilis sebelum Uki resmi meninggalkan NOAH.

Lagu tersebut terdapat di album 'Keterkaitan Keterikatan'. Musik dari lagu ini diciptakan oleh Ariel dan liriknya ditulis Ariel bersama dengan Pongki Barata.

[Gambas:Youtube]



'Tak Ingin Pisah Lagi' - Marion Jola feat. Rizky Febian

Lagu 'Tak Ingin Pisah Lagi' adalah perwujudan dari duet yang dilakukan oleh dua idola remaja. Bagaimana tidak, di tahun ini karier Marion Jola dan Rizky Febian tengah terbilang gemilang.

'Tak Ingin Pisah Lagi' ditulis oleh LaleIlmanNino. Dalam sebuah wawancara, Marion Jola mengaku berduet dengan Rizky Febian adalah salah satu mimpinya yang menjadi kenyataan.

[Gambas:Youtube]



'VCR' - Goodnight Electric

Lama tidak terdengar, di tahun ini Goodnight Electric kembali merilis dua single. 'VCR' adalah lagu pertama yang dirilis trio elektronik tersebut sebelum kemudian mengeluarkan 'Erotika'.

Single 'VCR' sekaligus menjadi lagu yang mengobati kerinduan para penggemar Goodnight Electric setelah sekian lama.

Dalam lagu ini, Goodnight Electric berkolaborasi dengan Priscilla Jamail dari Monday Math Class sebagai penyanyi latar.

[Gambas:Youtube]



'Kala Senja' - Eva Celia

'Kala Senja' menjadi single kedua yang Eva Celia rilis dari mini album 'Lifeline: Introduction'. Dalam lagu itu, ia mengajak Aaron Sterling yang merupakan drummer pengiring John Mayer untuk bekerja sama.

Lagu tersebut sekaligus menjadi lagu bahasa Indonesia pertama yang dirilis oleh Eva Celia. 'Kala Rindu' berbicara mengenai perasaan rindu.

[Gambas:Youtube]




Simak Video " Adib Hidayat: Platform Digital Musik Perbaiki Penghasilan Musisi"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Top Ten 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com