Cara Cepat Jago Main Gitar Buat Pemula

Dicky Ardian - detikHot
Selasa, 10 Des 2019 12:21 WIB
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Tingkat keren anak muda sepertinya bakal naik jika bisa bermain gitar. Kalau kamu masih pemula untuk alat musik yang satu ini, simak cara berikut agar tingkat keren kamu juga naik.

Untuk bisa bermain gitar, sebagian orang bahkan rela membayar mahal demi beberapa kali pertemuan di tempat kursus. Cara itu tentu tidak salah, tapi gitar sebenarnya bisa dipelajari sendiri, kok.

detikcom coba merangkum beberapa cara mudah memulai bermain gitar. Bukan tidak mungkin kamu akan menjadi gitaris andal atau bahkan jadi gitaris terbaik dunia seperti Jimmy Page atau Jimi Hendrix.

1. Posisi yang Nyaman

Sebelum bermain gitar, yang paling penting adalah kamu tahu bagaimana cara memegangnya. Duduklah lalu pangku gitar itu, dekatkan ke badanmu.

Cari posisi senyaman mungkin agar kamu bisa fokus ke langkah selanjutnya.

2. Pelajari Senar Gitar

Umumnya gitar memiliki enam senar. Kamu harus memelajarinya terlebih dahulu sebelum bisa memainkannya.

Sebelum menyetel senar atau tuning, kamu harus tahu nama-nama senar itu. Dimulai dari atas (yang paling tebal) ke bawah (yang paling tipis) adalah E, A, D, G, B, dan E. Ada banyak metode berbeda seperti memainkan drop D atau lainnya.




Putar tuner di bagian paling ujung gitar. Semakin kencang senar akan menghasilkan nada yang semakin tinggi, begitu juga sebaliknya.

Tuning akan sangat berpengaruh kepada nada yang akan dihasilkan oleh gitar. Untuk sementara, minta bantuan teman yang sudah mahir untuk mengajari tuning gitar atau bisa juga menggunakan aplikasi di telepon pintar.

3. Pelajari Kunci Dasar

Jika gitar sudah di-tuning, kini kamu bisa ke tahap selanjutnya, yaitu mencari tahu kunci dasar dalam gitar. Ada A, Am, B, Bm, D, Dm, E, Em, C, dan juga G.

Setiap kunci punya cara berbeda untuk dimainkan. Ini termasuk pengetahuan dasar yang harus kamu ketahui. Agar proses belajar semakin mudah, kamu bisa melihat cara memainkannya di buku atau penjelasan lainnya di internet.

Pilih belajar kunci dasar dari yang termudah, misalnya kunci A yang ada di satu ruas yang sama. Jika sudah bisa, latih terus kemampuanmu untuk memainkan setiap kunci dasar tersebut.




4. Pilih 1 Lagu

Setidaknya beberapa kunci dasar sudah kamu kuasai, kemudian pilih satu lagu yang mudah untuk dimainkan dengan kunci yang kamu bisa. Dengan memilih satu lagu, jarimu akan terlatih untuk bergerak menekan senar dari satu kunci ke kunci lainnya.

Mainkan lagu tersebut berulang-ulang agar kamu makin mahir memainkan kunci dasar itu. Jika sudah terbiasa, pelajari kunci dasar lainnya dan pilih lagu yang lain.



Simak Video "Inilah Merk Gitar yang Tonny Produksi Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/nu2)