detikHot

music

Jutaan Orang Tak Paham, Ini Cara Dengarkan Musik yang Aman

Senin, 09 Des 2019 17:11 WIB Dicky Ardian - detikHot
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Banyak orang bahkan tidak menyadari mendengarkan musik secara berlebihan bisa mengganggu kesehatan telinga. Semoga kamu bukan salah satunya.

Meski mendengarkan musik baik untuk membangun mood saat melakukan berbagai kegiatan, tapi menikmatinya secara berlebihan ternyata tidak baik. Coba perhatikan beberapa saran berikut agar telingamu tetap nyaman saat mendengarkan musik.

1. Seimbangkan Durasi dan Volume

Agak musik bisa mudah dinikmati saat didengarkan, kamu bisa menggunakan aturan yang banyak dipakai orang, yaitu 60:60. Cobalah untuk mendengarkan musik tidak lebih dari 60 menit selama sehari dengan volume tidak lebih dari 60 persen.

Jika kamu melebihi angka tersebut, biasanya tubuh akan memberikan respons, seperti pusik atau sakit di telinga. Apalagi, jika kamu mendengarkan musik dengan headphone, suaranya yang terlalu keras justru akan membuat musik tidak nyaman didengarkan. Lagi pula, musik itu untuk kamu, bukan orang lain di sebelahmu.




2. Gunakan Headphone

Cara terbaik untuk mendengarkan musik adalah menggunakan headphone. Alat satu ini bisa memblokir suara dari luar.

Dengan begitu, kamu bisa menikmati musik cukup dengan volume rendah. Jangan lupa juga untuk istirahatkan telinga secara berkala jika kamu mendengarkan musik dengan waktu yang lama.

3. Gunakan Earplug

Jika kamu adalah penonton setia konser atau festival musik, tidak ada salahnya untuk menggunakan sumbatan telinga atau earplug. Alat itu tidak langsung membuat kenyamanan terganggu kok, justru membuat kamu, apalagi yang berada di dekat pengeras suara, bisa menurunkan suara musik yang masuk hingga 35 desibel.




Simak Video "Resso Ungkap Perubahan Gaya Nikmati Musik saat New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com