detikHot

Serikat Musik

Candra Darusman: Serikat Musik Tidak Harus Tunggal

Minggu, 08 Des 2019 14:03 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: Ilustrasi Musik Elektronik (Getty Images)
Jakarta - Menurut musisi Candra Darusman, yang sulit dari mewujudkan adanya serikat musik adalah berbeda-bedanya kebutuhan musisi di tiap lini. Ia mencontohkan, misalnya musisi kafe dan musisi independen pasti memiliki persoalan yang berbeda.

"Persoalan yang dihadapi itu berbeda-beda. Musisi kafe itu itu mempersoalkan hak profesi mereka. Jadi urgensi mereka adalah sehari-hari mereka nggak memiliki kepastian kerja, keselamatan, standar honor," tutur Candra.



Berangkat dari beragamnya kebutuhan musisi yang berbeda-beda satu dengan lainnya, maka ia pun mengungkapkan bahwa idealnya, serikat musik tidak dibuat tunggal.

"Idealnya itu, masing-masing biarlah membuat serikat masing-masing, jadi nggak disatukan dalam satu serikat umum. Karena persoalan berbeda-beda," katanya.

Nantinya, apabila dari sejumlah musisi yang berbeda-beda tersebut memiliki kepentingan yang sama, antar serikat dapat membentuk federasi.

"Nanti kalau sudah terbentuk serikat ini bisa bergabung dalam satu federasi, yang mana federasi ini bisa memperjuangkan secara lebih kuat terhadap pihak-pihak anggotanya," terang Candra lagi.

Candra Darusman: Serikat Musik Tidak Harus Tunggal



Simak Video "Resso Ungkap Perubahan Gaya Nikmati Musik saat New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com