detikHot

music

Sibuk Berat, Sekolah Veve Zulfikar Mulai Terbengkalai

Senin, 25 Nov 2019 09:03 WIB Hanif Hawari - detikHot
Foto: Hanif Hawari/detikHOT Foto: Hanif Hawari/detikHOT
Jakarta - Veve Zulfikar memutuskan fokus pada hobinya sebagai penyanyi qasidah An-nabawiyah. Alhasil, pelajar SMA tersebut terpaksa mengenyampingkan pendidikannya.

Berkali-kali, Veve Zulfikar ditegur gurunya karena sering meminta izin tidak masuk. Namun, hal itu tak menjadi penghalang semangat Veve Zulfikar untuk semakin melambungkan namanya sebagai penyanyi religi.



"Pernah dia dipanggil sama guru BK karena nggak masuk sebulan lebih. Dia diancam, dinasihatin," ujar ayah Veve Zulfikar, Zulfikar bin Muhammad Basyaiban kepada detikcom.

"Saking marah-marahnya itu diulang berkali-kali. Jadi masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Saking marahnya dia 'panggil orang tuamu' gitu kata gurunya. Akhirnya saya datang, saya bilang Veve udah cerita semuanya sama saya," sambungnya seraya meniru guru Veve Zulfikar.



Zulfikar pun tak lantas marah atau kecewa terhadap putrinya. Ia mengerti betul bahwa hobi yang bisa sebagai dakwah dan menghasilkan uang tersebut merupakan berkah Tuhan yang tak patut dihalang.

Ia pun enggan mendaftarkan Veve Zilfikar ke homeschooling. Zulfikar lebih memilih sang anak menjalani karier dan perannya sebagai pelajar, seperti biasa.

Sibuk Berat, Sekolah Veve Zulfikar Mulai TerbengkalaiFoto: Hanif Hawari/detikHOT


"Karena semuanya serba mendadak tidak ada rencana. Saya tidak pernah merencanakan anak saya untuk jadi ini jadi ini. Jadi harapan saya memang Veve ini tetap seperti anak pada umumnya. Jadi mengalir saja prosesnya," tutup Zulfikar.

Meski begitu, Veve Zulfikar tetap harus bisa menyeimbangkan pendidikannya dengan menyanyi. Kalaupun tidak bisa masuk sekolah, ia sering meminta catatan kepada temannya.


Simak Video "Veve Zulfikar, The Next Nissa Sabyan?"
[Gambas:Video 20detik]
(hnh/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com