detikHot

music

Ridwan Kamil: Anak Muda Harus Jadi Penggerak Industri Musik

Sabtu, 23 Nov 2019 13:01 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Halaman 1 dari 2
Foto: Ridwan Kamil buka KAMI 2019 (Saras/detikcom)
Bandung -

Pada 2045, Indonesia diprediksi akan memiliki 75 persen sumber daya manusia (SDM) yang berada dalam usia produktif. Mayoritasnya berada dalam rentang usia anak muda.

Menurut Ridwan Kamil dalam pidato pembukaan di Konferensi Musik Indonesia (KAMI) yang berlangsung di Gedong Budaya Sabilulungan, Soreang, Jawa Barat, Sabtu (23/11/2019), anak muda harusnya dapat menjadi penggerak untuk kemajuan dunia musik.

Musik dan anak muda memang dua hal yang tak terpisahkan. Sudah bukan hal baru apabila musik biasanya digandrungi oleh anak muda.


"Kita berharap kreatifitas yang banyak harus menjadi mesin. Dengan anak muda yang jumlahnya banyak, harusnya jadi mesin untuk anak muda kita menginvasi dunia," kata dia dalam pidatonya.

Ridwan Kamil mengatakan Korea Selatan sebagai contohnya. Ia mengungkapkan bagaimana musik dari Negeri Gingseng itu dapat menginvasi dunia hingga semua orang dari berbagai negara menyukainya.

"Sekarang kita lihat anak-anak kecil lebih suka mendengarkan BLACKPINK (girlband asal Korea Selatan), padahal mungkin tidak mengerti artinya," ucapnya.

(srs/doc)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com