detikHot

music

Glenn Fredly hingga Ridwan Kamil Buka Konferensi Musik Indonesia

Sabtu, 23 Nov 2019 11:45 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: Pembukaan KAMI 2019 (Saras/detikcom)
Bandung -

Konferensi Musik Indonesia (KAMI) 2019 berlangsung hari ini, Sabtu (23/11/2019) di Sabilulungan, Soreang, Jawa Barat. Tahun ini, KAMI diadakan untuk kedua kalinya setelah tahun pertamanya berlangsung di Ambon, Maluku.

Pembukaan acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pihak, yakni Glenn Fredly selaku musisi dan penggagas KAMI, Robinson Sinaga dari Kementrian Pariwista dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Bupati Bandung Dadang M. Nasser, Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Pada tahun sebelumnya, KAMI berhasil merumuskan 12 poin rencana aksi yang dalam pembukaan dibacakan oleh musisi muda Kalfin Sulthan dalam bentuk lagu.


"Dari 12 poin itu salah satunya adalah soal infrastruktur. Tahun ini, sudah terwujud salah satunya adalah kolaborasi pemerintah, private sector dan ekosistem di M Bloc. Di situ bertemu banyak orang dengan musik sebagai katalisatornya," ujar Glenn Fredly dalam pidato pembukaannya di Soreang, Jawa Barat, Sabtu (23/11/2019).

"Selain itu, kita juga bisa lihat kesuksesan Ambon sehingga ditetapkan menjadi kota musik dunia," sambung Glenn.

Ada tiga sesi diskusi dalam Konferensi Musik Indonesia. Sesi pertama membahas mengenai pekerja musik berserikat dan kepentingan untuk membuat serikat yang memayungi para musisi.


Sesi kedua bakal membahas mengenai royalti dan sosialisasi UU Ekonomi Kreatif (Ekraf). Sedangkan sesi ketiga akan membicarakan mengenai bagaimana membangun kota musik.

Karinding Attack, Institut Musik Jalanan, D'Cinnamons, Orkes Hamba Allah, Tuan Tiga Belas dan lain-lain akan tampil dalam sesi festival setelah konferensi berlangsung.




Simak Video "Tak Hanya IMJ, Musisi Bisa Nikmati Apresiasi Melalui Kode QR GoPay"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com