detikHot

music

Apa yang Bakal Dibahas di Konferensi Musik Indonesia Hari Ini?

Sabtu, 23 Nov 2019 08:30 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Halaman 1 dari 2
Foto: Konferensi Musik Indonesia 2019
Jakarta -

Konferensi Musik Indonesia (KAMI) 2019 akan berlangsung hari ini, Sabtu (22/11/2019). Dalam konferensi keduanya, 12 poin deklarasi pada tahun lalu akan kembali dibahas dalam konteks perkembangannya terhadap masa sekarang.

Salah satunya adalah mengenai proyek Porta Mento yang dikembangkan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) sejak 2017. Porta Mento merupakan proyek big data yang berfokus pada tata kelola musik dan dicanangkan sebagai rencana jangka panjang.

Bila jadi terlaksana, Porta Mento akan terwujud dalam bentuk aplikasi yang memiliki database nama musisi dan pencipta lagu dan akan terhubung dengan berbagai platform pemutar lagu.


Porta Mento dibuat dalam tujuan untuk membenahi tata kelola dan pengarsipan lagu sehingga royalti akan tersalurkan pada pihak yang tepat. Akan tetapi, seperti yang telah diberitakan, kini Bekraf telah digabung dengan Kementrian Pariwisata menjadi Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf),

"Porta Mento itu akan masuk pembahasan, karena memang betul, badan ekonomi kreatif, sejak 2 tahunan lalu mereka sudah mempersiapkan ini. Satu platform itu bisa harapannya untuk proses pengelolaan royalti dan pendataan," ujar Glenn Fredly saat ditemui di M Bloc, Melawai, Jakarta Selatan.

" Prosesnya panjang, it's not easy, ini udah levelnya kalau bisa dibilang, negara harus ambil bagian penuh.Kalau Porta Mento ini kan konteksnya lebih ke platform digitalnya," jelasnya lagi.

(srs/dar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com