Arab Saudi Gelar Pertunjukan Band Metal Perdana

Dicky Ardian - detikHot
Minggu, 17 Nov 2019 12:00 WIB
Foto: Creative Waste (dok. Facebook)
Jakarta - Arab Saudi kembali akhirnya mengizinkan digelarnya petunjukan band metal. Ini aksi perdana band cadas Creative Waste di negara tersebut.

Pertunjukan tersebut digelar di Bohemian Art Cafe, Khobar, pada 25 Oktober 2019. Tidak cuma satu, ada juga band metal lainnya, yaitu Shamal dan instrumentalis Madani Zakari.

Meski semua adalah musisi lokal, tapi ini adalah sebuah gebrakan yang terjadi di Arab Saudi. Sebab di negara tersebut tidak pernah ada pertunjukan band metal, setidaknya sekitar sedekade terakhir.

Aksi perdana itu membuat Fawaz Al Shawaf, vokalis dan bassis Creative Waste khawatir. Dilansir dari Loudwire, ia yang mengaku sebagai bagian dari generasi tua merasa skeptis dengan pertunjukan tersebut.



Jika bicara pertunjukan underground, tentu ini bukan yang pertama. Beberapa kali musisi Arab Saudi kerap menggelar acara serupa secara diam-diam.

Hal itu bermula sejak terjadinya insiden di sebuah konser di Riyadh pada 2009. Acara itu dipadati penonton dan berujung rusuh.

Polisi setempat akhirnya menahan dua orang dari panitia. Mereka dituding sebagai pihak yang bertanggung jawab karena dianggap rakus untuk memeroleh banyak uang.

Sejak saat itu, tak ada lagi konser musik rock dan metal di Arab Saudi. Hingga akhirnya para generasi muda membukanya kembali tahun ini.

"Orang-orang yang mengelola acara itu kebanyakan adalah pendatang baru dan masih muda. Mereka bahkan tidak tahu apa itu grindcore atau death metal," ungkap Shawaf.



Simak Video "Dibecandain Prabowo, Boyolali Akan Didatangi Band Metal Incantation"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/dal)