detikHot

music

Buka Ngayogjazz 2019, Mahfud Md: Djaduk Sukses Bawa Jazz ke Desa

Sabtu, 16 Nov 2019 18:01 WIB Usman Hadi - detikHot
Foto: Ngayogjazz 2019 (Usman Hadi/detikcom) Foto: Ngayogjazz 2019 (Usman Hadi/detikcom)
Sleman - Menko Polhukam Mahfud Md resmi membuka Ngayogjazz 2019, Sabtu (16/11/2019). Dalam sambutannya Mahfud banyak menyinggung Djaduk Ferianto, penggagas Ngayogjazz yang telah tiada gegara serangan jantung.

"Mas Djaduk (berhasil) membawa jazz ini ke desa-desa, sehingga seni yang mempunyai sikap netral dan menyegarkan bisa membuat kerukunan, bisa membawa kita merenung untuk kebaikan," kata Mahfud, Sabtu (16/11/2019).

Pembukaan Ngayogjazz 2019 secara simbolis ditandai dengan dibunyikannya kentungan oleh Mahfud. Turut mendampingi Mahfud, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, Butet Kartaredjasa, dan perwakilan Ngayogjazz.

Event jazz tahunan berbasis di pedesaan Yogyakarta kali ini berlangsung di Pedukuhan Kwagon, Desa Sidorejo, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).



Mahfud menuturkan, jazz selama ini kerap dianggap sebagai musik kelompok elite yang mapan secara finansial. Namun mindset itu didobrak oleh Djaduk, melalui Ngayogjazz ia mencoba membawa musik jazz ke desa-desa.

Mantan Ketua MK ini bercerita bahwa dirinya memiliki banyak kenangan dengan Djaduk. Di mata Mahfud, Djaduk merupakan seniman serba bisa yang selalu menampilkan seni yang substantif dan ucapannya berbobot.

Namun kini Djaduk telah tiada. Tentu Mahfud merasa kehilangan. Ia pun berpesan kepada keluarga almarhum untuk bersabar dan menerima kepergian Djaduk.

"Mas Butet sebagai kakaknya juga diminta bersabar, karena yang saya dengar selama ini Mas Butet itu dijaga betul oleh Mas Djaduk. Tetapi justru yang menjaganya inilah yang pergi lebih dulu, itulah takdir tuhan," tuturnya.




Simak Video "Djaduk Ferianto Dimakamkan Sederet dengan Ayah dan Ibunya"
[Gambas:Video 20detik]
(ush/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com