detikHot

music

'Pilu Membiru' dalam Album Soal Kesehatan Mental Kunto Aji

Jumat, 15 Nov 2019 19:20 WIB Dicky Ardian - detikHot
Kunto Aji Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta - Lebih dari satu tahun Kunto Aji merilis album keduanya bertajuk 'Mantra Mantra'. Kunto Aji mengungkapkan 'Mantra Mantra' mengangkat soal isu kesehatan mental.

"Isu yang saya angkat di album ini berkisah tentang mental health, tapi saya buat menjadi lebih spesifik ke salah satu poin dari mental health, yaitu tentang overthinker, alias terlalu banyak mikirin ini dan itu. Hal ini kebetulan terjadi juga ke saya, makanya album ini rampungnya lama," canda Kunto.

Total ada 9 lagu yang disajikan penyanyi asal Yogyakarta itu di albumnya. Berikut adalah track di album 'Mantra Mantra':

1. 'Sulung'
2. 'Rancang Rencana'
3. 'Pilu Membiru'
4. 'Topik Semalam'
5. 'Rehat'
6. 'Jakarta Jakarta'
7. 'Konon Katanya'
8. 'Saudade'
9. 'Bungsu'

'Topik Utama' dijadikan Kunto Aji sebagai sajian terdepan. 'Topik Semalam' dinilai lebih bisa mewakili isi dari album kedua tersebut. Lagu itu juga disebut bisa menggambarkan bagaimana musik Kunto Aji di album ini.

"'Topik Semalam' bercerita tentang kondisi di mana seorang pria mendapati dirinya dalam kondisi overthinker karena didesak dan selalu ditanya oleh pasangannya, tentang akan dibawa ke mana hubungan mereka berdua," kata Kunto Aji.

Album 'Mantra Mantra' ini juga sebagai kebangkitan Kunto Aji sebagai musisi yang makin dewasa. Hal itu juga diamini oleh Adryanto Pratono, Direktur Juni Records.

"Album 'Mantra Mantra' menunjukkan kapasitas dan kemampuan Kunto Aji sebagai musisi dan penyanyi. Perubahan dan pendewasaan musik yang dibawanya berhasil dikemas dengan baik dan enak didengarkan. Kelebihan Kunto Aji juga adalah bisa membawa topik yang berat menjadi lebih ringan dan bisa relate dengan pendengarnya, tanpa kehilangan esensi pesan yang ingin disampaikan," katanya.

Dalam album keduanya yang bertajuk 'Mantra Mantra', Kunto Aji bekerja sama dengan 4 produser. Mereka adalah Petra Sihombing, Ankadiov Subran, Anugrah Swastadi, dan Bam Mastro.

Menurut Kunto Aji, keterlibatan produser itu bertujuan untuk memberikan warna yang lain pada album barunya tersebut. 'Mantra Mantra' merupakan album kedua Kunto Aji. Sebelumnya, pria berkacamata tersebut telah sukses melepas debutnya yang bertajuk 'Generation Y' (2015).

Baru-baru ini, Kunto Aji merilis sebuah video musik yang kali ini begitu penuh dengan derai air mata. Klip tersebut untuk lagu 'Pilu Membiru'.

Ada tiga orang pendengar yang dilibatkan oleh Kunto Aji, Rama Faishalm Natasha Hangraini dan Dede Yulia. Mereka dipilih untuk diajak berkonsultasi bersama Ajdie Santosaputro, Praktisi Pemulihan Batin.

"Tujuan kami adalah mempertemukan mereka dengan mas Adjie untuk berkonsultasi dan melewati masa sulit. Dengan sedikit kejutan dari Kunto Aji secara langsung," ungkapnya.

Setelah kisah itu dicurahkan, mata mereka dituutp oleh Adjie. Kemudian Kunto Aji pun dihadirkan dan menyanyikan 'Pilu Membiru'.

Belum cukup, Kunto Aji juga menggandeng Najwa Shihab, Iqbaal Ramadhan dan Nadin Amizah yang menyampaikan kalimat menyentuh. Ketiga pendengar album 'Mantra Mantra' tersebut juga disuguhkan beberapa foto kenangan bersama orang tercinta.

Dalam video musik itu, terlihat jelas bagaimana usaha Kunto Aji untuk melepaskan semua kesedihan yang dirasakan Rama, Natasha dan Dede. Meski harus berurai air mata, tapi cara tersebut begitu ampuh memulihkan luka. Klip itu diakhiri dengan pelukan Kunto Aji untuk ketiganya. Ia kemudian menunduk, melepas kaca mata dan menangis.

Ini lirik lagu 'Pilu Membiru' dari Kunto Aji:

Akhirnya aku lihat lagi
Sederhana tanpa banyak celah
Wangimu berlalu
Akhirnya aku lihat lagi
Jemarimu yang bergerak bebas
Seiring tawamu

Tak ada yang seindah matamu
Hanya rembulan
Tak ada yang selembut sikapmu
Hanya lautan
Tak tergantikan walau kita tak lagi saling menyapa

Akhirnya aku lihat lagi
Akhirnya aku temui
Tercekat lidahku

Masih banyak yang belum sempat aku katakan padamu
Masih banyak yang belum sempat aku sampaikan padamu
Masih banyak yang belum sempat aku katakan padamu
Masih banyak yang belum sempat aku sampaikan padamu
Masih banyak yang belum sempat aku katakan padamu
Masih banyak yang belum sempat aku sampaikan padamu

Tak ada yang seindah matamu
Hanya rembulan
Tak ada yang selembut sikapmu
Hanya lautan
Tak tergantikan walau kita tak lagi saling menyapa


Simak Video "Cerita Sasha, 'Pilu Membiru' Jadi Media Perilis dan Kesembuhan Batin "
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com