detikHot

music

OomLeo Cerita Fenomena Karaoke yang Terus Berkembang di Indonesia

Selasa, 12 Nov 2019 18:06 WIB Dicky Ardian - detikHot
OomLeo Berkaraoke dan Gofar Hilman Foto: Istimewa OomLeo Berkaraoke dan Gofar Hilman Foto: Istimewa
Jakarta - Belakangan, karaoke tidak hanya bisa dilakukan di dalam rumah atau ruangan yang khusus. Lebih luas lagi, aktivitas bernyanyi itu menjadi fenomena.

Karaoke kini bisa dilakukan di klub, konser hingga festival musik besar. Bukan cuma itu, musisi yang mengkhususkan aksi panggungnya sebagai pemandu karaoke pun muncul.

Fenomena tersebut juga dirasakan oleh OomLeo yang belakangan lebih dikenal dengan OomLeo Berkaraoke.

"Kultur karaoke itu sebetulnya Indonesia banget. Orang Indonesia itu suka bernyanyi. Kalau dulu ada namanya nembang, kemudian ada orgen tunggal, kemudian berkembang diiringi band live music, dan segala macam," ungkap musisi bernama asli Narpati Awangga dalam perbincangan 'Ngobam' bersama Gofar Hilman.

"Nah sekarang semakin difasilitasi dengan adanya minus one, ada lirik di situ, maka munculah karakter asli orang Indonesia yaitu suka nyanyi," lanjutnya.




Berangkat dari akar filosofi karaoke tersebut, dalam siaran persnya, Selasa (12/11/2019), Gofar dan temannya, DJ dari band Kasper (instagram - @wearekasper) kemudian berinisiatif menggelar KAC atau #KaraokeAnthemChallenge.

KAC dirancang menjadi sebuah program untuk generasi muda menyalurkan ambisi dan bakat mereka bernyanyi. Nantinya akan ada event bulanan yang diberi nama KAS atau #KontesAduSinging, yang perdananya akan diadakan pada 21 November 2019 di KILO Lounge, Gunawarman, Jakarta.

KAS atau #KontesAduSinging diharapkan akan menjadi ajang pilihan dari pencari bakat dan masyarakat untuk bertemu dengan para "Karaoke Anthem Superstars" yang akan bermunculan seiring dengan berkembangnya sub-kultur "Karaoke Anthem".

"Gue dan OomLeo sepakat bahwa karaoke adalah kultur Indonesia. Buat lo yang enggak sepakat sama kami atau enggak suka karaoke, lo mendingan datang nanti di Karaoke Anthem Challenge tanggal 16 November di Indoestri Makerspace dan tanggal 21 November di Kilo Lounge. Follow juga akun Instagram @wearekasper," tandas Gofar.


Simak Video "Jawaban Wika Salim soal Kedekatannya dengan Gofar Hilman"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/kmb)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com