detikHot

music

Sosok Claudia Santoso, Gadis Cirebon Pemenang The Voice Jerman

Senin, 11 Nov 2019 16:01 WIB Virgina Maulita Putri, Virgina Maulita Putri - detikHot
Sosok Claudia Santoso, Gadis Cirebon Pemenang The Voice Jerman Foto: The Voice Germany/ YouTube Sosok Claudia Santoso, Gadis Cirebon Pemenang The Voice Jerman Foto: The Voice Germany/ YouTube
Jakarta - Kabar gembira datang dari Claudia Emmanuela Santoso. Gadis asal Cirebon, Jawa Barat, ini sukses menjuarai ajang pencarian bakat The Voice of Germany 2019.

Babak final musim kesembilan The Voice of Germany digelar pada 10 November 2019 waktu setempat. Untuk memenangi ajang tersebut, Claudia harus berjuang keras dan bersaing dengan empat kontestan lainnya.



Claudia akhirnya dinobatkan sebagai juara The Voice of Germany setelah berhasil mendapatkan total voting 46,39%. Sementara itu posisi kedua ditempati oleh Erwin Kintop dengan total voting 17,36%.

Prestasi yang ditorehkan Claudia memang sangat membanggakan. Berikut profil dan biodata Claudia Santoso yang dirangkum detikHot:

1. Berusia 19 Tahun

Claudia Emmanuela Santoso lahir di Cirebon, Jawa Barat, pada 27 Oktober 2000. Ia merupakan putri dari pasangan Indra Gunawan Santoso dan Christin Gunawan.

2. Berasal dari Cirebon

Gadis yang kerap disapa Audi ini lahir dan besar di Cirebon. Ia merupakan lulusan dari SMK Kristen Penabur Cirebon yang sedang melanjutkan pendidikannya di Jerman.

3. Pernah Ikut Ajang Pencarian Bakat Serupa

Sebelum menjuarai The Voice Jerman, Claudia pernah mengikuti ajang pencarian bakat serupa di Indonesia. Sayangnya, perjuangan Claudia di ajang-ajang tersebut selalu kandas.

Claudia pernah mengikuti ajang Akademi Fantasi Indonesia (AFI) Junior, tapi usahanya saat itu belum berbuah hasil. Pada tahun 2011 ia mengikuti ajang Idola Cilik, tapi gagal setelah berhasil menembus 20 besar.

Selain itu, pada tahun 2014 Claudia mengikuti ajang pencarian bakat Mamamia. Sayangnya usaha Claudia harus terhenti di babak 11 besar.



4. Diperebutkan Juri The Voice Jerman

Tidak patah semangat, Claudia pun mencoba peruntungannya di ajang The Voice of Germany 2019. Di tahap blind audition, ia menyanyikan lagu 'Never Enough' yang membuat keempat juri kepincut dengan suaranya.

Alice Merton, Sido, Rea Garvey, dan Mark Foster sebagai juri langsung membalikkan kursinya. Claudia akhirnya memilih untuk bergabung di tim Alice Merton.

5. Dapat Standing Ovation

Tidak hanya sekali itu saja Claudia mencuri perhatian keempat juri. Dalam beberapa sesi battle, Audi pun kerap mendapat standing ovation.

Saat itu, Claudia membawakan lagu 'Say Something' yang mendapat apresiasi dari keempat juri. Bahkan pelatih Claudia, Alice Merton, meneteskan air mata melihat penampilan anak didiknya.

6. Juarai The Voice of Germany

Semua usaha keras Claudia Emmanuela Santoso akhirnya berbuah manis. Ia berhasil menjadi juara The Voice of Germany 2019 setelah mengalahkan empat kontestan lainnya di babak final.

Dalam babak final tersebut, Claudia tampil membawakan tiga lagu yaitu 'I Have Nothing' dari Whitney Houston, duet dengan Freya Ridings membawakan lagu 'Castles' dan duet dengan pelatihnya, Alice Merton, membawakan lagu ciptaannya sendiri yang berjudul 'Goodbye'.

Hasilnya, Claudia mendominasi penilaian dengan 46,39 persen. Sedangkan di posisi kedua ada Erwin Kintop dengan 17,36 persen.

Berkat pencapaian ini, Claudia berhasil menjadi orang Indonesia sekaligus Asia pertama yang berhasil memenangi The Voice of Germany.


Simak Video "Selamat! Claudia Emmanuela Santoso Juara The Voice of Germany"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/nwy)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com