detikHot

music

Tren Kaset Akankah Kembali?

Minggu, 10 Nov 2019 15:51 WIB Asep Syaifullah - detikHot
Foto: ABC Foto: ABC
Jakarta - Kaset mungkin sudah ditinggalkan dan mungkin generasi muda-mudi sekarang banyak yang bahkan tak mengetahui bentuknya. Namun beberapa media asing menyebutkan jika kaset mungkin akan kembali menjadi trend seperti halnya yang terjadi pada vinyl.

Hal itu disebabkan banyaknya musisi yang berencana merilis album barunya dalam bentuk kaset, seperti Robbie Williams, Coldplay hingga Liam Payne. Bahkan penjualan kaset di tahun 2019 meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

British Phonographic Industry (BPI) mencatat ada 36 ribu kaset yang terjual di Inggria pada Juni lalu dan yang paling banyak adalah album Billie Eilish yang bertajuk 'When We All Fall Asleep, Where Do We Go?'. Album tersebut digemari oleh banyak anak muda di bawah usia 25 tahun karena berwarna UV hijau dan oranye hingga terkesan kekinian dan Instagramable.

Selain itu diramalkan jika kaset dari Robbie Williams, Coldplay dan Beck akan menjadi salah satu album paling laris di tahun ini.

Tren Kaset Akankah Kembali?Foto: Trio Hamdani


"Sulit untuk mengatakan berapa jumlah total album yang akan terjual di tahun ini, namun aku pikir akan lebih dari 100 ribu," ujar Karen Emmanuel, CEO Key Production Group yang membuat vinyl, kaset dan cd.

Memang tak bisa dipungkiri, saat ini banyak orang yang lebih tertarik dengan layanan streaming musik seperti Spotify. Bahkan disebutkan jika penghasilan record label saat ini hampir setengahnya berasal dari layanan tersebut.

Namun tentu saja nostalgia selalu diminati dan akan terus menemukan pasarnya sendiri bukan?


Simak Video "Ternyata Kaset Pita Masih Digandrungi Anak Muda Inggris Lho!"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/kmb)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com