detikHot

music

Tahukah Kamu Siapa DJ Pertama di Dunia?

Kamis, 07 Nov 2019 18:08 WIB Dicky Ardian - detikHot
Foto: Ilustrasi musik elektronik. (Instagram digit.fourfivesix Foto: Ilustrasi musik elektronik. (Instagram digit.fourfivesix
Jakarta - Meski sekarang menjamur, Disc Jockey (DJ) tidak hanya dikenal 10 tahun ke belakang. Profesi itu sudah ada bahkan sejak 1920.

Dulu, penyiar radio juga dianggap sebagai DJ. Namun lama-lama, DJ lebih spesifik ke seseorang yang memainkan musik saja.

Ya, berbeda dengan produser yang melahirkan lagu, DJ hanya memutar saja. DJ biasanya memainkan musik sederhana atau bisa juga seri rekaman yang dipersiapkan sebelumnya.

Pada era itu, tepatnya 1920-an, Christoper Stone dikenal sebagai DJ pertama di dunia. Dimulai dari aksinya di Britania Raya, ia kemudian mulai dikenal dunia.




Beberapa sumber menyebut mungkin ada orang lain yang juga bertugas memainkan musik, tapi Stone adalah yang pertama disebut DJ.

Stone dikenal sebagai sosok yang berhasil meyakinkan BBC untuk memutar rekaman di udara. Awalnya, ide itu ditolak, tapi kemudian Stone berhasil memutar rekaman tersebut pada 7 Juli 1927.

Setelah itu, beberapa DJ lain mulai dikenal, mereka adalah Martin Block, Alan Freed, John Peel, Casey Kasem hingga Rog Martin sebagai DJ pertama yang memainkan lagu Top 40 di Stereo pada 1968.


Simak Video "DJ Butterfly yang Kini Tak Lagi Berpakaian Seksi"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com