detikHot

music

Kenali Kunci Dasar dan Tips Mudah Memainkan Gitar

Selasa, 05 Nov 2019 14:12 WIB Sudiarto Putra - detikHot
Kenali Kunci Dasar dan Tips Mudah Memainkan Gitar/Foto: Rachman Haryanto Kenali Kunci Dasar dan Tips Mudah Memainkan Gitar/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Alat musik gitar sangat populer apalagi di kalangan kaum muda. Gitar dapat menghasilkan berbagai musik populer yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Alat musik ini masuk ke semua jenis genre musik, mulai dari musik pop, jazz, rock, metal, dan jenis musik lainnya. Selain itu, dengan bermain gitar juga dapat memberi kesan keren bagi yang memainkannya.

Ketika musisi yang memegang gitar konser, akan terlihat sangat keren saat memainkan alat musik ini. Tidak hanya musisi saja yang akan terlihat keren saat memainkan alat musik ini. Ketika kita sedang nongkrong bersama teman, kita dapat menghangatkan suasana dengan bernyanyi diiringi dengan gitar.

Gitar biasanya memiliki 6 senar, dimulai dari senar paling bawah yang paling kecil, hingga paling besar di bagian yang paling atas. Gitar memiliki 2 jenis yang sering digunakan, yaitu akustik dan elektrik. Kedua jenis gitar tersebut memiliki nada yang mirip pada setiap senarnya. Yang membedakan keduanya yaitu pada tuningnya.



Kunci dasar pada gitar dibagi menjadi 2, yaitu kunci dasar biasa atau kunci dasar minor. Gunci dasar gitar yang sering dimainkan adalah C mayor, G mayor, A mayor, E mayor, dan D mayor. Tiap kunci masing-masing jari memiliki penempatan yang berbeda. Agar lebih paham simak gambar kunci di bawah ini.

Kunci Dasar C

Kenali Kunci Dasar dan Tips Mudah Memainkan GitarKunci gitar C/Foto: istimewa


Gambar di atas merupakan kunci dasar c pada gitar yang dapat kalian pelajari di rumah. Titik yang berada pada gambar di atas merupakan titik untuk posisi jari-jari kamu.

Kunci Dasar D

Kenali Kunci Dasar dan Tips Mudah Memainkan GitarKunci gitar D/Foto: istimewa


Gambar di atas merupakan kunci dasar D pada gitar yang dapat kalian pelajari di rumah. Titik yang berada pada gambar di atas merupakan titik untuk posisi jari-jari kita.

Kunci Dasar E

Kenali Kunci Dasar dan Tips Mudah Memainkan GitarKunci gitar E/Foto: istimewa


Gambar di atas merupakan kunci dasar E pada gitar yang dapat kalian pelajari di rumah. Titik yang berada pada gambar di atas merupakan titik untuk posisi jari-jari kita.

Kunci Dasar F

Kenali Kunci Dasar dan Tips Mudah Memainkan GitarKunci gitar F/Foto: istimewa


Gambar di atas merupakan kunci dasar F pada gitar yang dapat kalian pelajari di rumah. Titik yang berada pada gambar di atas merupakan titik untuk posisi jari-jari kita.

Kunci Dasar G

Kenali Kunci Dasar dan Tips Mudah Memainkan GitarKunci gitar D/Foto: istimewa


Gambar di atas merupakan kunci dasar G pada gitar yang dapat kalian pelajari di rumah. Titik yang berada pada gambar di atas merupakan titik untuk posisi jari-jari kita.


Kunci Dasar A
Kenali Kunci Dasar dan Tips Mudah Memainkan GitarKunci gitar A/Foto: istimewa


Gambar di atas merupakan kunci dasar A pada gitar yang dapat kalian pelajari di rumah. Titik yang berada pada gambar diatas merupakan titik untuk posisi jari-jari kita.

Kunci Dasar Dm

Kenali Kunci Dasar dan Tips Mudah Memainkan GitarKunci gitar Dm/Foto: istimewa


Gambar di atas merupakan kunci dasar Dm pada gitar yang dapat kalian pelajari di rumah. Titik yang berada pada gambar di atas merupakan titik untuk posisi jari-jari kita.



Kunci Dasar Em

Kenali Kunci Dasar dan Tips Mudah Memainkan GitarKunci gitar Em/Foto: istimewa


Gambar di atas merupakan kunci dasar Em pada gitar yang dapat kalian pelajari di rumah. Titik yang berada pada gambar di atas merupakan titik untuk posisi jari-jari kita.

Kunci Dasar Am

Kenali Kunci Dasar dan Tips Mudah Memainkan GitarKunci gitar Am/Foto: istimewa


Gambar di atas merupakan kunci dasar Am pada gitar yang dapat kalian pelajari di rumah. Titik yang berada pada gambar di atas merupakan titik untuk posisi jari-jari kita.



Bagaimana Cara Bermain Gitar untuk Pemula dengan Mudah?

Ada beberapa hal terlebih dahulu yang harus diperhatikan jika ingin belajar gitar. Belajar gitar tidak bisa secara instan, kita butuh proses panjang untuk bisa memainkannya. Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan pada saat belajar gitar bagi pemula.

· Gunakan referensi untuk belajar (internet atau buku lagu)

Internet menyediakan banyak sekali yang kita butuhkan, termasuk belajar gitar. Kita dapat melihat kunci-kunci gitar dan lagu untuk belajar dari internet. Selain dari internet, kita juga bisa belajar dari buku-buku lagu. Di dalam buku tersebut juga terdapat kunci-kunci gitar, hal itu dapat mempermudah kita belajar.

· Melatih memori otot tangan

Pada saat awal belajar gitar tangan dan jari kita akan terasa tidak nyaman dengan kunci-kunci yang lumayan sulit. Kita hanya perlu membiasakan posisi tersebut. Ketika kita sudah terbiasa dengan posisi letak senar dan fret, kalian dengan mudah memainkan kunci bahkan tanpa melihatnya sekalipun.

· Kekuatan Fret pada Tangan

Kita harus membangun kekuatan jari-jari tangan, salah satu cara melatih jari-jari kita dengan cara meremas-remas barang selama 5 menit. Tujuannya agar jari tangan saat memainkan gitar tidak merasa kaku.

· Mulai dengan belajar satu lagu

Berlatihlah dengan belajar satu lagu. Pilih lagu yang mudah, dengan kunci-kunci yang simple. Pelajari terus satu lagu tersebut hingga lancar. Tujuan memilih lagu dengan chord yang simple agar memudahkan kita ketika belajar. Usahakan jangan memilih lagu dengan chord yang rumit.

Setelah semuanya kalian pelajari, hal yang paling penting yaitu kalian harus berlatih secara rutin. Walaupun terlihat sulit, jangan sampai kalian malas untuk berlatih. Usahakan kalian rutin setiap hari untuk berlatih agar tangan kalian tidak kaku dan terbiasa memainkan gitar.




Simak Video "Sarwendah Ungkap Alasan Betrand Peto Minta ASI "
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com