detikHot

music

5 Fakta November Rain, Lagu Legendaris Guns N' Roses

Jumat, 01 Nov 2019 17:02 WIB Virgina Maulita Putri - detikHot
5 Fakta November Rain, Lagu Legendaris Guns N Roses Foto: Asep Syaifullah 5 Fakta November Rain, Lagu Legendaris Guns N' Roses Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - Penggemar musik rock era 1980-an pasti sudah tidak asing dengan lagu November Rain yang dibawakan Guns N' Roses. Lagu rock ballad ini dirilis pada tahun 1991 bersamaan dengan rilisnya album ketiga Guns N' Roses, Use Your Illusion I.

Liriknya yang menggambarkan cinta bertepuk sebelah tangan digabungkan dengan aransemen strings gubahan Axl Rose membuat lagu ini terdengar sangat melankolis. Apalagi jika didengarkan di awal musim hujan di bulan November.



Sering menyanyikan lagu November Rain? Jangan asal nyanyi, harus tahu juga fakta-fakta menarik tentang lagu ini yang dirangkum detikHot:

1. Digarap Axl Rose Sejak 1983

Walau dirilis pada tahun 1992, lagu ini sebenarnya telah digarap oleh Axl Rose sejak tahun 1983. Hal ini diungkap oleh mantan gitaris L.A. Guns yang juga anggota original Guns N' Roses, Tracii Guns.

Guns mengatakan bahwa ia sering melihat Rose memainkan lagu ini di piano. Guns pernah bertanya pada Rose kapan lagu ini akan diselesaikan, tapi Axl Rose mengaku tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan lagu ini.

2. Salah Satu Lagu Terpanjang Guns N' Roses

November Rain versi album memiliki durasi yang cukup panjang yaitu 8:57. Versi singlenya tentu sedikit dipangkas menjadi 4:43.

Dengan durasi 8:57, November Rain merupakan lagu terpanjang ketiga yang pernah dirilis Guns N' Roses. Di posisi pertama ada Coma dengan durasi 10:14, diikuti oleh Estranged dengan durasi 9:24.

3. Video Klip yang Ikonik

Video klip untuk November Rain merupakan salah satu video klip musik rock paling ikonik. Video klip ini menampilkan Rose yang menikahi model Stephanie Seymour, yang saat itu merupakan kekasih Rose, dan diselingi dengan penampilan band di sebuah teater.

Slash yang memainkan dua solo gitar di lagu ini juga memainkan peran yang cukup signifikan di video ini. Video klip ini disutradarai oleh Andy Morahan dan mengambil inspirasi dari cerita pendek yang ditulis oleh penulis Del James.

Video klip ini juga sempat menjadi sensasi di masanya karena statusnya sebagai video klip dengan biaya termahal yaitu sekitar USD 1,5 juta. Ini tentu tidak mengherankan karena kru produksi harus membangun gereja yang menjadi set video ini.



4. Ada Berbagai Versi

Selain versi album dan single, ada berbagai versi lagu November Rain yang bisa dinikmati penggemar Guns N' Roses. Versi paling awal yang tersedia untuk publik adalah versi 10 menit yang direkam di sesi 1986 Sound City.

Versi ini digarap oleh Rose saat Guns N' Roses sedang mempersiapkan album Appetite for Destruction. Versi demo ini hanya mengandalkan piano dan vokal, tapi tetap dikenali sebagai rangka yang membentuk November Rain.

Selain itu, ada juga versi lima menit yang lagi-lagi direkam di sesi 1986 Sound City. Versi demo ini mengandalkan gitar akustik dan perkusi yang lembut.

5. Cetak Banyak Rekor

Begitu dirilis sebagai single pada Februari 1992, November Rain langsung merangsek tangga lagu Billboard Hot 100 di posisi 3. November Rain pun menjadi salah satu lagu dengan durasi terpanjang yang berhasil masuk Top 10 Billboard Hot 100.

Tidak hanya itu, pada Juli 2018, video klip November Rain berhasil menjadi video pertama yang dibuat sebelum adanya YouTube yang telah ditonton 1 miliar kali. Saat ini video tersebut telah ditonton lebih dari 1,2 miliar kali.


Simak Video "Bukan Soraya, Pria Ini yang Sebenarnya Dapatkan Mic Axl Rose "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/erd)

Photo Gallery

photo

Konser Slash
Konser Slash
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com