detikHot

music

Jurus Raisa Gali Warna Baru Musiknya

Rabu, 09 Okt 2019 20:59 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Raisa Foto: Rachman Haryanto Raisa Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Raisa merilis single bertajuk 'You'. Single itu menjadi lagu kedua yang ia keluarkan setelah kembali ke dunia musik pasca vakum selama tujuh bulan.

Di lagu pertama, yang berjudul 'Kembali', Raisa menggandeng Mikha Angelo dalam penulisan lagu. Kali ini, lagu 'You' digarap oleh Gamaliel Tapiheru.

Menurut Raisa, mengajak sejumlah musisi lain berkolaborasi adalah cara untuknya tetap menggali warna baru bagi musiknya.

Dari sekian banyak musikus yang ia ajak berkolaborasi, kebanyakan memiliki warna musik yang berbeda dari yang dirinya miliki di album-album terdahulu. Ia pun mengungkapkan alasannya.

"Kalau aku sih pasti ingin eksplor karena kalau aku di genre aku, aku sudah khatamin. A sampai z-nya aku sudah tahu. Jadi aku ingin ngelakuin sesuatu yang aku belum tahu, belajar tentang sesuatu yang mngkin aku belum bisa," ungkap Raisa ditemui di Kemang, Jakarta Selatan.

Rupanya tak hanya Raisa yang belajar dan menggali sesuatu yang baru dari proses kolaborasi tersebut. Perempuan kelahiran 6 Juni 1990 mengungkapkan, kolabortatornya juga memperoleh hal serupa.

Ia juga menguraikan, meskipun dirinya mencoba menyelami jenis musik lainnya, ia tetap mencoba tidak menanggalkan jati diri musiknya.

Lulusan Universitas Bina Nusantara itu selalu mencoba mencari jalan tengah antara jenis musiknya dan musik kolaboratornya.

"Lucunya orang-orang yang aku ajak kerjasama itu juga kebanyakan belum pernah kerjasama dengan orang-orang yang ada di genre aku," katanya.

Ia melanjutkan, "Jadi kami juga bikinnya yang tengah-tengah, yang sama-sama belum kami kerjakan sebelumnya. Jadi nggak sepenuhnya (warna musik) akunya hilang."

Dalam lagu 'You', musik Raisa terdengar lebih terang dan ceria. Menurutnya, ia memang secara sengaja menginginkan lagu yang bertempo lebih cepat dari biasanya.

"Aku memang membutuhkan lagu yang uptempo karena 80 persen lagu aku mellow, jadi kalo di panggung aku kesulitan naik turunin dinamika. Makanya ini memang kebutuhanku," ujar Raisa.

Di lagu 'You', selain menggandeng Gamaliel Tapiheru, Raisa juga bekerja sama dengan musikus mancanegara, yaitu Dave Drake sebagai produser dan Erik Madrid sebagai mixing engineer.


Simak Video "Tampil Beda, Raisa Joget ala "Baby Shark" di Single Terbarunya"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com