detikHot

music

Tak Lagi Di DPR, Anang Singgung Lagi Soal RUU Permusikan

Rabu, 02 Okt 2019 15:15 WIB Dicky Ardian - detikHot
Anang Hermansyah Foto: Grandyos Zafna/detik.com Anang Hermansyah Foto: Grandyos Zafna/detik.com
Jakarta - Meski tidak lagi menjadi Anggota DPR RI, Anang Hermansyah membuka peluang jika diajak berkolaborasi untuk membahas isu musik.

"Saya kembali menjadi masyarakat sipil, siap berkolaborasi dengan teman-teman DPR terkait dengan persoalan-persoalan di bidang hak cipta dan musik," kata Anang kepada detikHOT, Rabu (2/10/2019).

Saat dirinya menjabat sebagai Anggota DPR RI periode 2014-2019, Anang Hermansyah mencetuskan Rancangan Undang-undang Permusikan. Sayang, RUU itu kemudian mendapat penolakan dari banyak pihak, termasuk musisi.




Mereka menilai pasal-pasal yang ada di dalam RUU itu tidak berpihak ke musisi. RUU Permusikan akhirnya ditarik dari Program Legislasi Nasional karena desakan itu.

"Seperti yang diketahui bersama-sama RUU Permusikan kita tarik karena respons publik," ujar Anang.

Meski begitu, musisi asal Jember tersebut menilai isu musik dan hak cipta tetap relevan untuk terus dibahas. Menurutnya tantangan dunia musik ke depannya akan lebih besar.

"Di masa-masa mendatang tantangan di bidang hak cipta dan musik semakin berat. Salah satunya imbas digital yang kian masif," kata Anang.


Simak Video "Eksklusif! Anang Hermansyah: Cicipi Kursi DPR dan Ulik Istananya "
[Gambas:Video 20detik]
(dar/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com