detikHot

music

Gelar Konser Dekat Pusat Demo, Glenn: Musik Bahasa Persatuan

Selasa, 01 Okt 2019 18:35 WIB Uji Sukma Medianti - detikHot
Foto: Konser Tanda Mata Glenn Fredly Foto: Konser Tanda Mata Glenn Fredly
Jakarta - Glenn Fredly kembali menggelar konser Tanda Mata untuk ke empat kalinya. Konser yang digelar pada Senin malam (30/0/2019) itu, Glenn mengambil tema Tanda Mata untuk Koes Plus Bersaudara.

Konser Tanda Mata tahun ini mungkin menjadi yang paling berkesan bagi Glenn, pasalnya ia tak akan mengira kalau venue acara yang digelar di Balai Sarbini itu akan menjadi titik demonstrasi yang berujung ricuh.

Beberapa hari sebelum acara, Glenn dan tim panitia sempat ada ide untuk memundurkan waktu konser, namun sampai harinya tiba konser tetap berjalan meski banyak penonton dan pengisi acara yang batal hadir sampai harus mengubah daftar pengisi acara.



"Sebagian yang sudah punya tiket engga bisa hadir. Tapi kita semua bisa senang-senang meski harus ubah set list," kata Glenn di Balai Sarbini, Senin (30/9/2019).

Tidak berlebihan bila Glenn menyebut konsernya adalah perjuangan. Sebab, untuk menuju venue penonton harus berupaya menembus para demonstran yang ada di sekitar Universitas Atma Jaya.

Keadaan semakin terasa mencekam lantaran pintu depan Balai Sarbini sudah disterilkan. Para pasukan keamanan mall menjaga ketat. Mau tak mau penonton harus masuk lewat lift loading dock mall Plaza Semanggi dan masuk lewat pintu tribun atas Balai Sarbini.

Suara tembak menembak gas air mata dari luar Plaza Semanggi pun terdengar dari dalam mall. Bukan hanya penonton saja yang kesulitan mencapai venue, namun beberapa pengisi acara seperti Titiek Puspa serta Vincent dan Desta pun gagal hadir.

"Mungkin iya konser ini adalah konser perjuangan. Berangkat dan pulangnya mesti berjuang. Untuk itu kita jadikan #sayabersamaIndonesia menjadi tagline dan Koes Plus bersaudara ini jadi energi yang luar biasa untuk kita semua," ungkapnya.



Membawakan lagu-lagu yang dipopulerkan Koes Plus, Glenn tidak sendiri. Sederet artis lintas generasi mulai dari Pasto, Kristina, Dira Sugandi, Sindikat dan Rio Febrian turut menghidupkan konser tanda mata.

Glenn dalam Tanda Mata untuk Koes Plus juga membawakan lagu-lagu yang berkaitan dengan peristiwa yang baru-baru ini melanda Indonesia. Selain kabut asap dan gempa di Ambon, Glenn dalam video visual konsernya juga menampilkan video clip soal aksi demonstrasi mahasiswa di Gedung DPR.

Secara khusus Glenn juga membawakan lagu Koes Plus berjudul Da Silva buat saudara-saudara di Indonesia Timur khususnya di Ambon dan Papua.

"Saya bilang dari awal, berkesenian tidak boleh kalah dengan keadaan yang ada, ini sebuah sejarah buat kami. Justru musik diharapkan bisa digunakan sebagai bahasa persatuan. Kami ingin menyampaikan aspirasi dengan kedamaian saya pikir itu ga boleh mundur. (Jadi tetap) jalan terus. Paling penting (karya) Koes Plus bersaudara menginspirasi kita semua," terangnya.


Simak Video "Asyik! Glenn Fredly Pamer Istrinya Makan Papeda"
[Gambas:Video 20detik]
(ujm/ujm)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com